Jumat 07 Jan 2022 00:45 WIB

Organisasi Negara Turki Tawarkan Bantuan Bagi Kazakhstan

Turki menekankan pentingnya perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Seorang demonstran membawa perisai polisi di depan garis polisi selama protes di Almaty, Kazakhstan, Rabu, 5 Januari 2022.
Foto: AP/Vladimir Tretyakov
Seorang demonstran membawa perisai polisi di depan garis polisi selama protes di Almaty, Kazakhstan, Rabu, 5 Januari 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Anggota Organisasi Negara-Negara Turki pada Kamis menyatakan kesiapan memberikan bantuan bagi Kazakhstan yang tengah hadapi protes nasional. Turki yang menekankan pentingnya perdamaian dan stabilitas, organisasi menyatakan solidaritas yang kuat terhadap Kazakhstan.

"(Organisasi) menyatakan kepercayaannya pada kapasitas otoritas Kazakhstan untuk meredakan ketegangan secara damai dan membangun kembali ketenangan dan ketertiban," tulis Organisasi Negara-Negara Turki dalam pernyataannya.

Baca Juga

Organisasi itu meyakini Kazakhstan memiliki kebijaksanaan untuk kembali menstabilkan kondisi dan kembali kepada situasi normal.

Aliansi negara beretnis Turki itu juga menyampaikan belasungkawa bagi mereka yang kehilangan nyawa selama insiden dan berharap pemulihan cepat bagi korban terluka.

Situasi di Kazakhstan

Kementerian Dalam Negeri Kazakhstan mengumumkan Rabu bahwa lebih dari 200 orang ditahan karena mengganggu ketertiban umum selama demonstrasi di seluruh negeri itu Selasa.

Kementerian mengatakan bahwa 37 kendaraan polisi telah rusak, 95 petugas terluka dan satu mobil dibakar selama protes. Polisi tetap dikerahkan di jalan-jalan Almaty, kota terbesar di Kazakhstan, tempat demonstrasi besar-besaran diadakan.

Memegang tanggung jawab pemerintah atas protes terhadap kenaikan harga minyak, Tokayev pada hari Rabu menyetujui pengunduran diri Perdana Menteri Askar Mamin dan para menterinya.

Saat protes menyebar ke seluruh negeri pada hari sebelumnya, Tokayev mengumumkan keadaan darurat di kota Almaty dan wilayah kaya minyak Mangystau antara 5-19 Januari untuk menjaga keamanan publik.

Dia juga memberlakukan jam malam di Almaty, bekas ibu kota Kazakhstan, tempat ribuan orang turun ke jalan.

Sementara polisi menggunakan granat kejut dan gas air mata untuk membubarkan para pengunjuk rasa.

Bentrokan meletus antara polisi dan demonstran yang berujung pembakaran mobil polisi oleh pengunjuk rasa. Pemerintah juga telah membatasi akses ke media sosial termasuk Facebook dan Telegram.

Protes pecah pada 2 Januari ketika pengemudi mengadakan demonstrasi menentang kenaikan harga bahan bakar di kota Zhanaozen di Mangystau, yang kemudian menyebar ke kota Aktau.

Protes di kota-kota barat Atyrau, Aktobe dan Oral, di mana cadangan minyak dan gas berada, menyebar ke kota-kora lain Kazakhstan yang berubah menjadi demonstrasi publik.

Sumber,  https://www.aa.com.tr/id/dunia/organisasi-negara-negara-turki-tawarkan-bantuan-bagi-kazakhstan/2466934

sumber : Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement