Rabu 29 Dec 2021 01:09 WIB

Ketika Rasulullah Ditanya Soal Hari Kiamat

Nabi Muhammad SAW ditanya orang Quraisy tentang kapan terjadinya hari Kiamat.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Hari Kiamat (Ilustrasi)
Hari Kiamat (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW ditanya orang Quraisy tentang kapan terjadinya hari Kiamat, mereka berniat mengolok-olok jawaban Rasulullah SAW tentang waktu Kiamat. Akan tetapi, Rasulullah SAW diajari Allah SWT untuk memberikan jawaban yang sangat bijaksana. Hal ini dijelaskan dalam Surah Al-A'raf Ayat 187 dan tafsirnya.

يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةً ۗيَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ 

Baca Juga

Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, "Kapan terjadi?" Katakanlah, "Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." (QS Al-A'raf: 187)

Tafsir Kementerian Agama menerangkan, Allah dalam ayat ini menegaskan bahwa hanya Dialah yang mengetahui saat terjadinya hari Kiamat itu. Kepastian terjadinya hari Kiamat dan apa yang terjadi pada hari Kiamat sudah banyak dijelaskan oleh Alquran. 

Akan tetapi khusus yang berkenaan dengan waktu terjadinya hari Kiamat itu tidak dijelaskan dalam Alquran. Hal itu hanya berada dalam ilmu Allah semata-mata. 

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement