Jumat 24 Dec 2021 12:57 WIB

Iran Restorasi Alquran Berusia 300 Tahun

Salinan Alquran berusia 300 tahu itu dianggap salah satu yang terbaik di negara ini.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Alquran
Foto: pxhere
Ilustrasi Alquran

IHRAM.CO.ID, TEHRAN --- Pemerintah Iran telah melakukan restorasi sebuah Alquran yang berumur ratusan tahun. Menurut seorang pejabat di Provinsi Kordestan Iran, Alquran dengan tulisan tangan itu telah mengalami restorasi.

Seperti dilansir Iqna.ir pada Jumat (24/12) Kepala Pariwisata Provinsi Kordestan, Yaqub Guliyan mengatakan manuskrip Alquran itu telah menjalani beberapa pekerjaan rehabilitasi di Kordestan. Alquran itu disimpan di desa Mulanabad. Menurut Yaqub Guliyan Itu adalah naskah berusia 300 tahun yang membutuhkan restorasi segera untuk mendapatkan kembali keadaan aslinya di tangan para ahli yang berpengalaman.

Baca Juga

Salinan Alquran itu dianggap salah satu yang terbaik di negara ini. Alquran itu terbuat dari kertas dan dilapisi kulit. Dalam berita serupa pekan lalu, pejabat di provinsi Kermanshah, Jabbar Gohari mengumumkan bahwa tiga set manuskrip Alquran baru-baru ini telah dikembalikan ke keadaan aslinya di provinsi barat.

“Naskah yang rusak bertahun-tahun itu milik tiga desa di seluruh provinsi,” kata Jabbar Gohari.

Gohari menambahkan anggaran 450 juta rial atau setara 1.500 dolar Amerika telah dialokasikan untuk proyek restorasi. Proyek ini melibatkan pembersihan restorasi lama, menghilangkan noda, menghilangkan deposit debu permukaan, dan membalikkan efek korosi fisik dan kimia.

Dengan menjaga integritas karya dan melestarikannya dengan intervensi sesedikit mungkin dan menggunakan sedikit bahan kimia, orisinalitas artistik dan historis dari setiap karya dapat dipertahankan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement