Ahad 14 Nov 2021 15:34 WIB

Kisah Muslimah India Alami Diskriminasi

Muslimah India alami diskriminasi karena hijab atau burqa.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Muslimah India
Foto:

Pada Sabtu (13/11), Kaunain menceritakan kisah diskriminasinya di tengah meningkatnya kritik di media sosial terhadap Sanctuary karena perilaku Islamofobia. Meskipun terdapat banyak keluhan, Sanctuary Bar and Kitchen tidak pernah menanggapi hal itu.

Wanita Muslim lain juga menceritakan hal yang sama di media sosial. Dia mengatakan perilaku Islamofobia juga terjadi pada hari ulang tahunnya. “Mereka (para penjaga dan pelayan restoran), meminta teman-teman saya yang berjilbab untuk pergi. Jadi, kami pergi ke tempat lain untuk makan malam,” kata dia.

Saat ditanya hal yang sama, pengelola Sanctuary Bar and Kitchen, Sukumar mengatakan tidak ada masalah seperti itu. “Wanita berjilbab diizinkan masuk ke dalam restoran tetapi tidak boleh duduk di halaman karena orang-orang mengonsumsi alkohol di sana dan itu tetap dilarang dalam agama mereka,” kata Sukumar. 

Dilansir Siasat, Ahad (14/11), penata rias lokal Zeba yang tidak menggunakan nama asli, mencatat teman Muslimnya diminta untuk pergi karena dia tidak mau melepas jilbabnya. Kreator digital lainnya, Fakhia yang juga tidak mengenakan nama asli menjelaskan cara restoran tersebut tidak mengizinkan temannya untuk duduk di halaman karena dia mengenakan abaya.

Namun, masalah ini belum terselesaikan karena restoran tidak dapat dimintai pertanggungjawaban atas pelanggaran ini. Pengacara yang berbasis di Hyderabad Alay Razvi mengatakan meskipun sangat disayangkan, tidak ada cara yang jelas untuk menangani hal ini.

“Tidak ada aturan hukum yang berlaku untuk mencegah seseorang memasuki suatu tempat, kecuali jika seseorang membawa masalah ini di pengadilan pidana, hanya sedikit yang dapat meminta pertanggungjawaban restoran, secara hukum,” kata Razvi.

Penting untuk dicatat kasus seperti ini tidak jarang terjadi. Pada bulan Oktober, sebuah restoran di Mumbai menolak masuknya seorang wanita karena mengenakan jilbab yang videonya menjadi viral di media sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement