Rabu 08 Sep 2021 05:15 WIB

Empat Sifat Orang Bertakwa Menurut Alquran

Allah menjelaskan menahan amarah itu suatu jalan ke arah takwa

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Empat Sifat Orang Bertakwa Menurut Alquran
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Empat Sifat Orang Bertakwa Menurut Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Alquran menerangkan empat sifat orang bertakwa. Di antaranya orang yang berinfak di waktu lapang dan sempit, orang yang dapat menahan amarahnya, orang yang dapat memaafkan kesalahan orang lain, dan orang yang berbuat kebaikan.

Hal ini dijelaskan dalam Surat Ali Imran Ayat 134 dan tafsirnya.

Baca Juga

الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ فِى السَّرَّۤاءِ وَالضَّرَّۤاءِ وَالْكَاظِمِيْنَ الْغَيْظَ وَالْعَافِيْنَ عَنِ النَّاسِۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَۚ

(Yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan. (QS Ali Imran: 134)

Tafsir Kementerian Agama menerangkan, ayat ini langsung menjelaskan sifat-sifat orang yang bertakwa. Pertama, orang yang selalu menafkahkan hartanya baik dalam keadaan berkecukupan maupun dalam keadaan kesempitan (miskin), sesuai dengan kesanggupannya.

Menafkahkan harta itu jumlahnya tidak ditentukan sehingga ada kesempatan bagi orang miskin untuk memberi nafkah. Bersedekah boleh saja dengan barang atau uang yang sedikit nilainya karena hanya itu yang dapat diberikan, dan tetap akan memperoleh pahala dari Allah SWT.

Bagi orang kaya dan berkelapangan tentu sedekah dan dermanya harus disesuaikan dengan kesanggupan. Sungguh amat janggal bahkan memalukan bila seorang yang berlimpah-limpah kekayaannya memberikan derma dan sedekah sama banyaknya dengan pemberian orang miskin. Ini menunjukkan kesadaran memberi nafkah belum tertanam di dalam hatinya.

Baca juga : Apa Hukum Menonton Film Porno?

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement