Senin 06 Sep 2021 05:45 WIB

5 Situs Warisan Timur Tengah yang Jarang Diketahui

Situs-situs ini memiliki bukti kehidupan manusia kuno.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
5 Situs Warisan Timur Tengah yang Jarang Diketahui. Madain Saleh di Arab Saudi.
Foto: Alarabiya
5 Situs Warisan Timur Tengah yang Jarang Diketahui. Madain Saleh di Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA) sangat kaya akan budaya, agama, dan sejarah alam. Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) mengakui hal ini dengan menyerahkan status Situs Warisan Dunia ke setiap negara MENA kecuali Kuwait. Berikut lima situs UNESCO di kawasan MENA yang harus Anda ketahui, seperti dilansir Middle East Eye.

Shibam, Yaman

Baca Juga

Dibangun pada abad ke-16 di Hadhramaut, provinsi terbesar di Yaman, Shibam adalah kota metropolitan tertua di dunia yang menggunakan konstruksi vertikal. Bangunan bata lumpur yang ikonik dibuat menggunakan tanah subur di sekitar kota dan membentang hingga delapan lantai.

Seluruh kota dibangun khusus dengan fitur pertahanan. Dengan tembok berbenteng dan batu yang ditinggikan, itu memberi penduduk titik pandang yang tinggi jika ada musuh mendekat. Selain itu, kota juga dilengkapi dengan banyak rute pelarian yang berguna selama perang.

 

Shibam telah diakui sebagai contoh dari perencanaan kota dengan gedung-gedung tinggi yang padat memberikan keteduhan terhadap panas yang ekstrem. Kota ini digambarkan oleh Penjelajah Inggris Freya Stark pada 1930-an sebagai Manhattan Gurun.

Sekarang ada 3.000 orang yang tinggal di kota ini. Sayangnya, bangunan ini rentan terhadap kondisi cuaca dan erosi sehingga membutuhkan perawatan terus-menerus untuk mencegah dinding retak dan runtuh.

photo
Infografis Shibam - (Infografis Republika)

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement