Senin 09 Aug 2021 05:37 WIB

Ilmuwan Temukan Bintang Aneh Terlempar dari Galaksi

BIntang ini bergerak dengan kecepatan 3,2 juta km/jam ke luar galaksi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Bintang biner (ilustrasi).
Foto: Science Alert
Bintang biner (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah bintang yang kaya logam melesat keluar dari galaksi Bima Sakti dengan kecepatan tinggi. Bintang ini diyakini sebagai pecahan peluru dari supernova. Bintang tersebut bernama LP 40-365. LP 40-365 terletak hanya 2.000 tahun cahaya di Bima Sakti dan tanpa henti meningkatkan jaraknya dari Bumi.

“Bintang ini bergerak sangat cepat sehingga hampir pasti meninggalkan galaksi (Bima Sakti). Bintang itu bergerak hampir dua juta mil per jam (3,2 juta kilometer per jam)” ujar Astronom J.J Hermes dari Universitas Boston mengatakan dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Earth Sky, Ahad (8/8).

Baca Juga

Bintang tersebut berbeda dengan gerakan matahari di luar angkasa, yaitu sekitar 448.000 mil per jam (720.000 kph). Universitas Boston merilis informasi tentang bintang ini pada 8 Juli 2021. Studi diterbitkan para ilmuwan muncul pada 7 Juni di Astrophysical Journal Letters yang ditinjau sejawat.

LP 40-365 adalah salah satu dari kelompok sisa-sisa bintang yang bergerak cepat. Sepotong inti bintang tampaknya selamat dari ledakan supernova secara utuh.

Inti ini ditembakkan sebagai pecahan peluru ke luar angkasa oleh kekuatan ledakan supernova. Potongan itu terus melaju menjauh dari lokasi ledakan dan diyakini akan keluar dari galaksi Bima Sakti.

Baca juga : Lukisan Debur Ombak di Pacitan Karya SBY Mengundang Pujian

“Telah melalui detonasi parsial dan masih bertahan sangat keren dan unik. Baru dalam beberapa tahun terakhir kami mulai berpikir bahwa bintang semacam ini bisa ada,” kata Astronom Odelia Putterman dari Universitas Boston, salah satu penulis studi tersebut.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement