Selasa 29 Jun 2021 17:01 WIB

Jelang Olimpiade 2020, Minions Klaim Persiapan Cukup Baik

Sebagai debutan di olimpiade, Marcus/Kevin mencoba untuk tidak terlalu menggebu-gebu.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) dan rekannya Marcus Fernaldi Gideon.
Foto: Antara/Humas PBSI
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) dan rekannya Marcus Fernaldi Gideon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, terus mematangkan performa menuju Olimpiade Tokyo 2020. Kurang dari satu bulan sebelum perhelatan akbar tersebut, Marcus/Kevin mengaku persiapan sudah mencapai 80 persen.

"Sekarang kami sudah mulai masuk ke latihan pola permainan karena sudah dekat ke jadwal berangkat," ucap Marcus dalam keterangan tertulis, Selasa (29/6). "Masih harus ada peningkatan ke fokus dan lebih siap ke semua sisinya."

Berbicara persaingan, Marcus/Kevin mengatakan bahwa semua lawan nanti berat, apalagi dengan kondisi seperti sekarang.

"Peta kekuatan sekarang kami tidak tahu. Kami sudah lama tidak bertanding, terus kami tidak tahu lawan berkembang seperti apa. Jadi sebenarnya semua 50:50, sama-sama tidak tahu kekuatan masing-masing," jelas Kevin. "Semua lawan sama, merata, bakal ramai. Olimpiade juga tekanannya berat. Terus ada situasi pandemi Covid-19 seperti ini. Jadi banyak mengganggu pikiran. Turnamennya besar dan kami harus menjaga biar tidak kena. Ya harus banyak berdoa biar dikasih keberuntungan."

Tidak adanya pertandingan pemanasan yang kompetitif sebagai ajang uji coba, tidak membuat Marcus/Kevin pesimistis. Minions, julukan Marcus/Kevin, yakin dengan menjalani latihan di pelatnas saja sudah cukup menjadi bekal untuk menghadapi olimpiade.

"Ya harus siap. Ada pertandingan sebelumnya atau tidak sama saja-lah. Kami juga di sini latihan sudah seperti pertandingan. Lawannya seimbang dan bagus-bagus, kelasnya top level dunia," kata Marcus yang akrab disapa Sinyo.

Sebagai debutan di olimpiade, Marcus/Kevin mencoba untuk tidak terlalu menggebu-gebu. Mereka selalu mengontrol ekspektasi.

"Ini Olimpiade pertama saya. Jadi ya dinikmati saja, dijalani saja. Yang penting berusaha. Lawan terberat kan mengalahkan diri sendiri dan saya tidak mau menyesal. Saya mau memberikan yang terbaik di setiap kesempatan," ucap Kevin.

Olimpiade Tokyo 2020 dihelat pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 mendatang. Tim bulu tangkis Indonesia akan bertolak lebih awal ke Jepang untuk proses aklimatisasi, tepatnya pada tanggal 8-18 Juli di Prefektur Kumamoto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement