Jumat 19 Mar 2021 20:50 WIB

Tanzania Lantik Presiden Perempuan Pertama

Suluhu diambil sumpah pada Jumat, setelah pendahulunya Magufuli meninggal dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, NAIROBI -- Samia Suluhu Hassan dilantik sebagai presiden Tanzania, pada Jumat. Ia menjadi pemimpin perempuan pertama di negara Afrika Timur itu.

Suluhu, 61, diambil sumpah pada Jumat, setelah pendahulunya, John Pombe Magufuli, meninggal secara mendadak pada Rabu.

“Saya, Samia Suluhu Hassan, berjanji setia kepada Republik Tanzania dan melayani rakyat dengan sepenuh hati. Saya bertekad melestarikan dan mempertahankan konstitusi persatuan Tanzania sesuai dengan hukum yang berlaku," kata dia.

Sebelum menjabat presiden, Suluhu menjabat sebagai wakil presiden sejak 2015. Dia adalah wakil presiden Tanzania perempuan pertama.

Ibu empat anak ini juga pernah menjabat sebagai anggota DPR Zanzibar pada 2000-2005.

Sumber,  https://www.aa.com.tr/id/dunia/tanzania-lantik-presiden-perempuan-pertama/2181577

Kemudian dia dipilih sebagai menteri tenaga kerja oleh Presiden Amani Karume. Pada 2005-2010, Suluhu menjabat sebagai menteri pariwisata Zanzibar.

Kemudian, pada 2010-2015, dia menjadi anggota parlemen daerah Makunduchi Tanzania.

Upacara pemakaman Magufuli

Dalam kesempatan yang sama, Suluhu juga mengumumkan masa berkabung 21 hari untuk Magufuli. Dia mengumumkan bahwa semua bendera Tanzania akan dikibarkan setengah tiang untuk mengenangnya.

Jenazahnya akan dipindahkan dari kota ke kota sepanjang pekan agar warga dapat melihatnya dan mengucapkan selamat tinggal.

Pada Kamis depan, jenazah Magufuli akan diterima di wilayah Chato untuk upacara pemakaman.

Magufuli meninggal pada usia 61 tahun karena penyakit jantung. Sebelum meninggal, dia sempat mengakui bahwa dia tertular Covid-19 dari Seif Sharif Hamad, wakil presiden wilayah semi-otonom Zanzibar, yang meninggal karena Covid-19.

sumber : Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement