Rabu 20 Jan 2021 05:40 WIB

Apakah Para Malaikat akan Meninggal Layaknya Manusia?

Malaikat pada dasarnya adalah makhluk Allah SWT.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Malaikat pada dasarnya adalah makhluk Allah SWT . Ilustrasi malaikat
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Malaikat pada dasarnya adalah makhluk Allah SWT . Ilustrasi malaikat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Malaikat adalah salah satu dari sekian makhluk Allah SWT. Hanya saja, dia diciptakan dengan sejumlah keistimewaan, salah satunya adalah tak pernah melakukan maksiat. 

Apakah malaikat juga akan menghadapi kematian layaknya makhluk Allah SWT lainnya?

Malaikat  sebagaimana disebutkan dalam banyak teks, ditakdirkan untuk mati. Karena semua ciptaan Allah SWT, termasuk manusia, jin, dan makhluk-makhluk lainnya akan mati. Hal ini dijelaskan dalam Alquran Surah az-Zumar ayat 68:

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ “Dan sangkakala pun ditiup maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian, ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah).”

 

Ibnu Katsir, menjelaskan dalam kitab tafsirnya, malaikat termasuk dalam ayat ini.  Karena mereka ada di langit dan kematian terjadi pada pukulan kedua yang disebut petir dan dalam pukulan ini semua orang yang hidup akan mati baik makhluk langit dan bumi, kecuali mereka yang telah ditakdirkan Allah SWT.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement