Kamis 05 Nov 2020 08:51 WIB

Ini Muslim Berdarah Arab yang Perebutkan Kursi Parlemen AS

Muslim dan keturunan Arab ikut perebutkan kursi Perlemen AS

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Muhammad Subarkah
Dari kiri, Rep. Rashida Tlaib, D-Mich., Rep. Ilhan Omar, D-Minn., dan para rekan konggres AS lainnya.
Foto: google.com
Dari kiri, Rep. Rashida Tlaib, D-Mich., Rep. Ilhan Omar, D-Minn., dan para rekan konggres AS lainnya.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pada Pemilu AS 4 Noveber kemarin ternyata ada Muslim berdarah Arab yang ikut dalam ikut perebutkan kursi DPR AS. Dan memang pada saat yang sama selain pemilihan presiden, susunan Dewan Perwakilan Rakyat AS juga dipertaruhkan pada hari pemilihan itu.

Saat ini, Partai Demokrat mempertahankan kursi mayoritas mereka di parlemen. Demokrat memegang 232 kursi di 435 anggota DPR, sedangkan Partai Republik memiliki 197 kursi.

Di antara anggota DPR tersebut terdapat Muslim dan juga keturunan Arab. Pada 2018, dua anggota Kongres yang merupakan perempuan Muslim pertama terpilih, Rashida Tlaib dan Ilhan Omar, serta tujuh anggota Kongres lainnya mengklaim keturunan Arab. Beberapa telah menjabat selama beberapa masa dan mencalonkan diri untuk pemilihan ulang, sementara yang lain adalah pendatang baru yang berharap akan mengguncang distrik mereka.

Ada sejumlah kandidat Muslim dan Arab Amerika yang mencalonkan diri dalam pemilihan kali ini. Mereka hendak berjuang meningkatkan peringkat mereka di DPR. Siapa saja? Berikut beberapa kandidat Muslim dan Arab yang bersaing untuk meraih kursi di parlemen AS, dilansir di Al Jazeera:

1. Darrell Iss dari Partai Republik vs Ammar Campa-Najjar dari Demokrat.

Dua kandidat keturunan Arab-Amerika ini bersaing untuk kursi distrik kongres ke-50 California yang saat ini kosong di DPR AS. Darrel Issa merupakan seorang Amerika Libanon dan pernah menjadi anggota terkaya di Kongres. Issa (66) adalah sekutu Presiden AS Donald Trump. Dua tahun lalu, dia pensiun setelah menghabiskan 18 tahun sebagai anggota parlemen. Kini, dia mencoba untuk memenangkan salah satu distrik konservatis terakhir di California Selatan, San Diego.

Sementara itu, Campa-Najjar memiliki seorang ayah Palestina dan ibu Meksiko-Amerika. Campa-Najjar (31) adalah seorang pejabat urusan publik di bawah pemerintahan mantan Presiden Barack Obama. Dia adalah orang Amerika Latin-Arab pertama yang mencalonkan diri sebagai anggota Kongres pada 2018, ketika ia kalah dari Duncan Hunter dengan selisih 3 poin persentase.

Namun, ia sempat memicu kontroversi di antara Demokrat saat dia mengatakan dalam wawancara pada Oktober lalu, bahwa dia belum memutuskan apakah dia akan memilih Joe Biden atau tidak. Dia kemudian berbagi foto di media sosial yang menunjukkan surat suara untuk Biden.

Kampanye Issa saat ini mengungguli Campa-Najjar dengan nilai 6,5 juta dolar, tetapi itu termasuk 4,2 juta dolar dari kantongnya sendiri. Menurut laporan kuartal ketiga kampanyenya yang diajukan ke Komisi Pemilihan Federal, Campa-Najjar, yang memiliki sebuah perusahaan konsultan kecil, belum secara pribadi mendanai kampanyenya yang telah meraih 4,8 juta dolar.

2. Rashida Tlaib dari Partai Demokrat

Dari kiri, Rep. Rashida Tlaib, D-Mich., Rep. Ilhan Omar, D-Minn., 

Rashida Tlaib (44), lahir dari imigran Palestina. Ia pertama kali memenangkan pemilihan DPR AS pada 2018. Dia adalah orang Amerika Palestina pertama di Kongres yang mewakili distrik ke-13 Michigan.

Anak tertua dari 14 bersaudara ini merupakan mantan pengacara. Aktivis komunitas ini lahir di Detroit, kota yang beragam dengan populasi kulit hitam, Latin, Muslim dan Arab yang cukup besar.

Dia telah mengadvokasi tujuan progresif seperti menaikkan upah minimum, perawatan kesehatan universal, biaya kuliah yang terjangkau dan perlindungan lingkungan. Tlaib mencalonkan diri melawan penantang dari Partai Republik David Dudenhoefer dalam pemilihan DPR November mendatang.

Tiga kandidat lainnya juga bersaing untuk pemilihan distrik kongres ke-13 Michigan, di antaranya D Etta Wilcoxon dari Partai Hijau, Articia Bomer dari Taxpayers Party AS dari Michigan, dan Sam Johnson untuk Partai Kelas Pekerja (Working Class Party).

Awal tahun ini, Tlaib menghadapi tantangan untuk meraih kursi DPR dalam pertandingan ulang pertama Partai Demokrat dengan Presiden Dewan kota Detroit, Brenda Jones. Jones kalah 1 poin persentase pada 2018, dan Tlaib memenangkan pemilihan pendahuluan tahun ini dengan mudah dengan 66,3 persen suara.

Tlaib adalah anggota "Pasukan" dari empat anggota kongres wanita yang pertama kali dipilih pada 2018, yang juga termasuk Omar, Alexandria Ocasio-Cortez dari New York, dan Ayanna Pressley dari Massachusetts.

3. Ilhan Omar dari Partai Demokrat.

Ilhan Omar (37) melarikan diri dari perang saudara di Somalia dan menghabiskan empat tahun masa kecilnya di sebuah kamp pengungsi di Kenya. Dia mencari suaka di AS pada 1995, ketika dia berusia delapan tahun dan menjadi warga negara Amerika pada 2000 pada usia 17 tahun.

Dua tahun lalu, dia menciptakan sejarah ketika dia menjadi orang Somalia-Amerika pertama di negara itu yang memenangkan kursi di badan legislatif negara bagian, menggulingkan seorang Demokrat yang tengah menjabat. Dia juga menjadi salah satu dari dua wanita Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres.

Omar diperkirakan akan menang lagi pada November mendatang untuk perebutan kursi mewakili distrik ke-5 di Minnesota. Seperti Tlaib, Omar telah berkampanye tentang kebijakan yang terkait dengan sayap yang paling progresif Partai Demokrat. Dia dikenal sebagai anggota 'pasukan' dari empat waanita kongres liberal baru.

Omar memenangkan pemilihan pendahuluan Demokrat tahun ini, mengalahkan saingannya  Antone Melton-Meaux yang didanai dengan baik, dan beberapa penantang lainnya. Omar juga merupakan seorang kritikus sengit terhadap Donald Trump, terutama pada kebijakan imigrasinya.

Dia membalas Trump setelah sang presiden meremehkannya selama kampanye bulan lalu, setelah dia menyiratkan bahwa Omar bukan orang Amerika.

"Tidak hanya dia rasis, tapi dia xenofobia rasis. Karena dia tidak menentang imigrasi, dia hanya menentang imigran yang mirip dengan saya," kata Omar kepada CNN.

4. Sima  Ladjevardian dari Partai Demokrat.

Sima Ladjevardian dari Partai Demokrat lahir di Iran dan berimigrasi ke AS sejak kecil. Dia mencalonkan diri untuk mewakili distrik kongres ke-2 Texas.

Dia dikenal sebagai pengacara, ibu dua anak, penyintas kanker payudara, dan aktivis politik. Ladjevardian menantang Perwakilan AS Dan Crenshaw, seorang bintang yang sedang naik daun di Partai Republik yang memenangkan kursinya pada 2018. Crenshaw adalah mantan Navy SEAL yang bertugas di Irak dan kehilangan matanya di Afghanistan. Dia sangat menghina Ladjevardian dalam dana kampanye.

Sementara itu, Ladjevardian telah memfokuskan kampanyenya untuk mengkritik tanggapan Crenshaw terhadap pandemi virus corona, yang menurutnya dia remehkan. Dia menyerukan untuk memperluas akses ke perawatan kesehatan yang terjangkau, mengatasi perubahan iklim dan ketidakadilan dalam sistem imigrasi AS.

Dia adalah penasihat utama Beto O'Rourke selama usahanya mengalahkan Senator Republik Ted Cruz untuk menyasar kursinya pada 2018, dan didukung oleh mantan Presiden Barack Obama.

5. Lulu Seikaly dari Partai Demokrat.

Helane 'Lulu' Seikaly mencalonkan diri dalam pemilihan DPR AS untuk mewakili distrik kongres ke-3 Texas. Anak perempuan dari imigran Libanon ini adalah seorang pengacara yang berspesialisasi dalam hukum ketenagakerjaan dan ketenagakerjaan.

Seikaly menantang anggota kongres Partai Republik periode pertama Van Taylor, seorang pengusaha dan veteran Cadangan Korps Marinir AS, ketika dia ditempatkan di Irak.

Dia telah berkampanye untuk tujuan yang liberal dan progresif, seperti perawatan kesehatan universal, hak reproduksi, dan pendidikan tinggi yang terjangkau di distrik yang sebagian besar dihuni oleh pemilih pinggiran kota yang kaya. Distrik ini, selama beberapa tahun terakhir, juga mengalami pertumbuhan yang stabil dari komunitas imigran, yang kebanyakan orang Latin.

Sementara itu, beberapa anggota DPR AS saat ini adalah keturunan Libanon, meskipun sebagian besar tidak menjadikan warisan mereka sebagai bagian besar dari identitas politik mereka. Perwakilan Demokrat AS Donna Shalala, Debbie Mucarsel-Powell dan Charlie Crist, semua dari Florida, bersama dengan anggota dari Partai Republik Darin LaHood dari Illinois dan Garret Graves dan Ralph Abraham dari Louisiana, semuanya memiliki kakek-nenek atau buyut-buyut yang berimigrasi dari Libanon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement