Sabtu 11 Apr 2020 07:02 WIB

Mafia Italia Distribusikan Makanan ke Warga yang Kesulitan

Ada laporan bahwa pemilik toko kecil ditekan mafia untuk memberikan makanan gratis.

Sejumlah warga melihat konvoi truk pembawa rumah sakit modular untuk orang-orang yang terkena virus Corona saat tiba di Ospedale del Mare, Naples, Italia, Senin (6/4). Lusinan warga yang mengalami masa lockdown di rumah menyambut kedatangan konvoi truk tersebut. Pemerintah Italia menerapkan lockdown nasional untuk mengurangi penyebaran virus Corona.
Foto: EPA-EFE/CIRO FUSCO
Sejumlah warga melihat konvoi truk pembawa rumah sakit modular untuk orang-orang yang terkena virus Corona saat tiba di Ospedale del Mare, Naples, Italia, Senin (6/4). Lusinan warga yang mengalami masa lockdown di rumah menyambut kedatangan konvoi truk tersebut. Pemerintah Italia menerapkan lockdown nasional untuk mengurangi penyebaran virus Corona.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Ketika Italia berjuang untuk menarik ekonominya melalui krisis virus corona, para Mafia di sana mendistribusikan makanan gratis kepada keluarga miskin yang sedang menjalani karantina yang kehabisan uang tunai. Dalam beberapa minggu terakhir beredar video dari geng-geng Mafia yang dikenal mengirimkan barang-barang kebutuhan pokok ke para warga Italia yang terpukul oleh darurat coronavirus di daerah selatan yang paling miskin di Campania, Calabria, Sisilia dan Puglia.

“Selama lebih dari sebulan, toko, kafe, restoran, dan pub telah tutup,” Nicola Gratteri, penyelidik antimafia dan kepala kantor kejaksaan di Catanzaro, mengatakan kepada The Guardian, Jumat (10/4).

Baca Juga

"Jutaan orang bekerja di ekonomi abu-abu, yang berarti bahwa mereka belum menerima penghasilan dalam lebih dari sebulan dan tidak tahu kapan mereka akan kembali bekerja. Pemerintah mengeluarkan kupon belanja untuk mendukung masyarakat. Jika negara tidak segera bertindak untuk membantu keluarga-keluarga ini, mafia akan menyediakan layanannya, memaksakan kendali mereka atas kehidupan orang-orang."

Konsekuensi dari kebijakan lockdown di Italia mempengaruhi sekitar 3,3 juta orang di Italia. Dari jumlah tersebut, lebih dari 1 juta tinggal di selatan, menurut angka terbaru dari CGIA Mestre, asosiasi bisnis kecil yang berbasis di Venesia.

Ada laporan bahwa pemilik toko kecil ditekan mafia untuk memberikan makanan gratis, sementara polisi berpatroli di supermarket di beberapa daerah untuk menghentikan pencurian. Video-video orang-orang di Sisilia yang memprotes tanggapan pemerintah yang mandek, atau orang-orang yang memukul tinju mereka di luar bank di Bari dengan pinjaman 50  Euro beredar luas.

Menteri dalam negeri Italia, Luciana Lamorgese, mengatakan mafia dapat mengambil keuntungan dari meningkatnya kemiskinan. Menurut Lmaorrgese, mereka (para mafia, red) berusaha merekrut para orang miskin untuk bergabung ke organisasinya.

"Atau mereka sekadar melangkah untuk membagikan paket makanan gratis berupa pasta, air, tepung dan susu," ujar Lamorgese.

Dalam beberapa hari terakhir, polisi di Naples telah mengintensifkan kehadiran para geng mafia ini di tempat-tempat termiskin di kota itu, di mana orang-orang yang terikat dengan Camorra, mafia Neapolitan, telah mengatur pengiriman paket makanan ke rumah. Hakim sudah memulai penyelidikan terhadap sekelompok orang yang diinterogasi saat membagikan makanan kepada warga setempat.

Di Palermo, menurut La Repubblica, saudara lelaki dari bos Cosa Nostra diduga membagikan makanan kepada orang miskin di lingkungan Zen, sebuah daerah dengan kehadiran mafia yang mapan. Ketika berita itu tersebar, pria itu membela diri di Facebook, mengklaim bahwa ia hanya melakukan pekerjaan amal dan menyerang jurnalis yang pertama kali melaporkan berita itu.

"Mafia bukan hanya organisasi kriminal," kata Federico Varese, profesor kriminologi di Universitas Oxford.

“Mereka adalah organisasi yang bercita-cita untuk memerintah wilayah dan pasar. Komentator sering fokus pada aspek keuangan mafia tetapi mereka cenderung lupa bahwa kekuatan mereka berasal dari memiliki basis lokal yang dapat digunakan untuk beroperasi,”

Pertanyaan tentang membagikan paket makanan adalah taktik yang sama tuanya dengan mafia itu sendiri, di mana di selatan Italia para bos biasanya menampilkan diri kepada orang-orang sebagai dermawan dan perantara kekuatan lokal, awalnya tanpa meminta imbalan apa pun.

"Para bos mafia menganggap kota mereka sebagai wilayah kekuasaan mereka sendiri," kata Gratteri. “Para bos tahu betul bahwa untuk memerintah, mereka perlu menjaga orang-orang di wilayah mereka. Dan mereka melakukannya dengan mengeksploitasi situasi untuk keuntungan mereka. Di mata orang-orang, bos yang mengetuk pintu menawarkan makanan gratis adalah pahlawan. Dan bos tahu bahwa dia kemudian dapat mengandalkan dukungan dari keluarga-keluarga ini bila perlu, ketika, misalnya, mafia mensponsori seorang politisi untuk pemilihan yang akan memajukan kepentingan kriminal mereka. "

Lusinan investigasi di selatan telah menyebabkan penangkapan para politisi yang telah membantu dan bersekongkol dengan mafia, dan yang terpilih dengan dukungan Mafiosi lokal yang memaksa warga untuk memilih mereka dengan imbalan layanan, seperti paket makanan sederhana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement