Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Padati IBF 2020 Hari Ini, Santri Antusias Borong Buku-Buku

Kamis 27 Feb 2020 13:55 WIB

Rep: Umar Mukhtar / Red: Agus Yulianto

Pengunjung memilih buku pada pameran Islamic Book Fair (IBF) ke-19 di Jakarta Convention Center, Rabu (26/2).

Pengunjung memilih buku pada pameran Islamic Book Fair (IBF) ke-19 di Jakarta Convention Center, Rabu (26/2).

Foto: Republika/Prayogi
Suasana pameran buku Islam yang ke-19 pada hari ini lebih ramai dibandingkan kemarin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pameran buku Islamic Book Fair 2020 pada Kamis (27/2) ini dipadati pengunjung dari kalangan santri . Mereka yang berasal dari berbagai sekolah maupun pondok pesantren itu berduyun-duyun memasuki pintu masuk IBF di JCC Senayan, Jakarta.

Suasana pameran buku Islam yang ke-19 pada hari ini lebih ramai jika dibandingkan kemarin. Sejak sekitar pukul 10.00 WIB, bus-bus yang mengangkut para siswa berdatangan untuk meramaikan pameran. Sebagian besar berasal dari wilayah sekitar DKI Jakarta.

Antusiasme para santri terhadap buku-buku yang disajikan di IBF ini tampak dari raut wajah mereka. Seperti Hegar Hafidz Harahap dan Azzam Badiuzzaman, dua santri dari Pondok Pesantren Tahfidz Al-Quran Al-Hikmah 3 Megamendung Puncak Bogor.

Hegar begitu ceria saat menceritakan buku apa saja yang dia beli. "Tadi beli dua buku, buku-buku ilmu pengetahuan. Senang banget, di sini banyak diskonnya. Besar-besar lagi (diskonnya)," kata dia menunjukkan buku-buku yang baru saja dibelinya.

Menurut Hegar, pameran IBF menyajikan buku-buku yang jarang dijual di toko-toko buku. Sehingga hanya bisa dibeli di pameran seperti ini. "Di toko buku enggak ada (buku yang saya minati), tapi adanya di sini (IBF 2020)," kata siswa kelas 9 yang gemar membaca itu.

Buku yang Hegar beli berjudul "Intisari Biologi" dan "Channa Si Gabus Hias: Primadona Baru Pencinta Ikan Hias". Buku ini dia beli bukan karena diminta gurunya, melainkan memang minatnya pada pengetahuan tentang dunia biologi.

Teman Hegar, Azzam, pun telah membeli satu buku. Dia mengaku akan lanjut mencari buku yang menarik buat dirinya setelah istirahat sebentar. "Baru satu buku (yang saya beli), nanti mau nyari (buku) lagi," kata dia sambil duduk lesehan di pelataran sudut pameran.

Santri kelas 7 Pesantren Qur'an El-Tahfidh, Faiq Afif Al-Thaf, juga tertarik mengunjungi IBF 2020, karena ingin membeli novel karangan Tere Liye dan Alquran yang baru. Dia datang bersama 200 siswa kelas lain menggunakan bus dari daerah Cileungsi, Kabupaten Bogor.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA