Senin 17 Feb 2020 05:30 WIB

Ingin Pandangan Mata Terang dan Adem? Ini Sunnah Rasulullah

Rasulullah SAW memberikan tiga cara agar pandangan terang dan adem.

Puncak Taman Buah Mangunan menampilkan pemandangan Parangtritis, lekukan Sungai Oya, dan keindahan alam Bantul.
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Puncak Taman Buah Mangunan menampilkan pemandangan Parangtritis, lekukan Sungai Oya, dan keindahan alam Bantul.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Rasulullah SAW memberikan panduan dalam kehidupan sehari-hari, dari hal sederhana hingga hal-hal yang kompleks dalam hidup. 

Di antara contoh panduan sederhana dalam hidup yang diletakkan Rasulullah tersebut adalah, bagaimana agar pandangan mata kita, tetap bisa jernih dan sejuk. 

Baca Juga

Menurut Direktur Aswaja Center Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Ma’ruf Khozin, dalam konteks kehidupan sehari-hari, Rasulullah mengajarkan tiga langkah sederhana agar kedua mata kita mendapatkan rileksasi. Hal ini juga bisa berdampak pada ketenangan jiwa. 

Kiai Ma’ruf pun menukilkan hadis riwayat al-Hakim, Abu Nuaim, dan al-Kharaithi sebagai berikut:  

ﺛﻼﺙٌ ﻳَﺠْﻠِﻴﻦَ اﻟﺒَﺼَﺮَ: اﻟﻨﻈﺮ ﺇِﻟَﻰ اﻟﺨُﻀْﺮَﺓِ ﻭَﺇِﻟَﻰ اﻟﻤﺎء اﻟﺠﺎﺭﻱ ﻭﺇﻟﻰ اﻟﻮﺟﻪ اﻟﺤﺴﻦ"”

“(اﻟﺤﺎﻛﻢ ﻓِﻲ ﺗَﺎﺭِﻳﺨﻪ) ﻋَﻦ ﻋَﻠﻲّ ﻭَﻋَﻦ اﺑْﻦ ﻋَﻤْﺮﻭ (ﺃَﺑُﻮ ﻧﻌﻴﻢ ﻓِﻲ اﻟﻄِّﺐّ) ﻋَﻦ ﻋَﺎﺋِﺸَﺔ (اﻟﺨﺮاﺋﻄﻲ ﻓﻲ اﻋﺘﻼﻝ اﻟﻘﻠﻮﺏ) ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺳﻌﻴﺪ)

Artinya: “Ada tiga hal yang menjadikan terangnya pandangan yaitu pertama melihat objek hijau, kedua, melihat air yang mengalir, dan ketiga melihat wajah yang bagus."  

Dia mengajak segenap umat bersyukur Indonesia dikarunia alam luas dengan bentangan pemandangan yang hijau dan rindang. “Semoga ini memberikan efek tidak hanya rileksasi tetapi juga motivasi kuat agar kita senantiasa bersyukur,” kata dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement