Kamis 13 Feb 2020 22:22 WIB

Relawan Dompet Dhuafa Purwokerto Gelar Layanan Kesehatan

Fokus kegiatan dilakukan di wilayah yang masyarakatnya kurang mampu

Relawan Dompet Dhuafa memberi materi kesehatan bagi ibu dan anak di Desa Suro Purwokerto, Jawa tengah (11/2)
Foto: dok Dompet Dhuafa
Relawan Dompet Dhuafa memberi materi kesehatan bagi ibu dan anak di Desa Suro Purwokerto, Jawa tengah (11/2)

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -– Kemajuan desa dapat menggerakkan ekonomi serta dapat memberantas  kemiskinan melalui  kreasi produktif yang muncul dari desa.

Berada di pinggiran Kota Purwokerto, Desa Suro merupakan salah satu desa di Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas, dengan berbagai permasalahan seperti ekonomi dan akses fasilitas kesehatan. Desa Suro menjadi salah satu pilot project Layanan Kesehatan Cuma-Cuma berupa Program Kawasan Sehat berbasis RW. 

Aan Julianto selaku Kordinator program Kesehatan LKC, Kamis (13/2) dalam keterangan tertulisnya mengatakan, kegiatan ini melibatkan kader dan ibu yang memiliki balita untuk dapat memantau tumbuh kembang anak melalui Pemeriksaan Berat Badan, Tinggi Badan dan Denver Development Screening Test (DDST)," katanya. 

Unsur relawan Dompet Dhuafa Volunteer Purwokerto (DDV) Selasa kemarin melakukan  kegiatan bertajuk Aksi Sehat Ibu dan Anak Purwokerto (ASHIAP !). Aksi perdana ini dilakukan assesment, sosialisasi dan edukasi serentak puluhan relawan kesehatan serta kader Posyandu setempat.

Pada intervensi kawasan sehat nanti akan ada beberapa indikator capaian sebagai sebuah kawasan sehat. Salah satu indikatornya adalah Kesehatan Ibu dan Baduta.

Hasil assesment dan pengukuran akan menjadi data dasar intervensi program kesehatan ibu dan anak dalam mencegah stunting dan mendukung pencapaian SDGs bidang kesehatan.

Aksi Layan Sehat merupakan salah satu unit layanan luar gedung dari LKC Dompet Dhuafa yang memberikan pelayanan kesehatan dasar dan kesehatan lingkungan. Fokus kegiatan dilakukan di wilayah yang membutuhkan akses layanan dan banyak terdapat masyarakat tidak mampu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement