Rabu 12 Feb 2020 17:19 WIB

PBNU Apresiasi Gus Kikin Pegang Estafet Pesantren Tebuireng

Estafet kepemimpinan Pesantren Tebuireng dipegang Gus Kikin.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Salah seorang santri di Pesantren Tebuireng tengah membaca Alquran.
Foto: Antara
Salah seorang santri di Pesantren Tebuireng tengah membaca Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Marsudi Syuhud menanggapi kepengasuhan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur, yang kini diteruskan KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin). 

Dia menyambut baik hal itu karena kepemimpinan di pesantren sebetulnya sudah terbangun sejak kecil. 

Baca Juga

"Suksesi kepemimpinan di pondok pesantren (ponpes) itu rata-rata sudah terdidik dari kecil, putra-putranya atau keluarganya, atau menantunya atau siapa saja yang memang sudah mengurusi dari awal sampai sekarang," ujar dia kepada Republika.co.id, Rabu (12/2).

Meski memang berat ditinggalkan almarhum Gus Sholah, Marsudi menilai Ponpes Tebuireng akan terus berdiri kokoh. "Saya melihat tetap akan kokoh secara manajemen dan ketokohan, karena model Ponpes Tebuireng itu sudah kuat," ucap dia.

 

Marsudi menerangkan, ada tiga hal mengapa Ponpes bisa menjadi besar. Pertama, pesantren yang besar karena tokoh yang ada di dalamnya. Kedua, pesantren yang besar karena tokoh dan manajemennya. Ketiga, pesantren yang besar karena manajemennya. "Kalau (Pesantren) Tebuireng, ketokohannya besar dan manajemennya juga kuat," ungkap dia.

Karena itu, Marsudi tidak khawatir terhadap keberlanjutan Ponpes Tebuireng. "Karena secara manajemen itu sudah established, dan secara ketokohan, (sosok) yang ditinggalkan (untuk meneruskan Ponpes Tebuireng) itu sudah diterima oleh publik," jelasnya.

KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) kini menjadi Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, meneruskan KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) yang telah wafat pada 2 Februari lalu. Dipilihnya Gus Kikin untuk memimpin Pesantren berusia lebih dari seabad itu sebagaimana amanat yang diberikan Gus Sholah.

"Sudah (jadi keputusan). Itu sudah melalui proses panjang dengan rapat keluarga. Sampai kemudian Gus Sholah memutuskannya begitu. Jadi tidak langsung menunjuk, ada prosesnya. Hingga akhirnya memutuskan saya (sebagai Pengasuh Pesantren Tebuireng)," kata Gus Kikin.

Gus Kikin adalah cicit dari Pendiri NU Hadratus Syekh Hasyim Asy'ari. Dia merupakan anak dari almarhum KH Mahfudz Anwar, dan sepupu almarhum Gus Sholah. Gus Kikin adalah generasi ke-8 dalam kepengasuhan Ponpes Tebuireng Jombang Jawa Timur.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement