Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

RSUD Moewardi Bantah Ada Pasien Suspect Virus Corona

Senin 27 Jan 2020 19:29 WIB

Rep: Joglosemar/ Red: Joglosemar

RSUD Dr Moewardi Solo pastikan tak ada pasien yang terjangkit virus corona.

RSUD Dr Moewardi Solo pastikan tak ada pasien yang terjangkit virus corona.

Pasien yang dikabarkan suspect virus corona terkena bronkitis.

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM - RSUD dr Moewardi Solo memastikan tidak ada pasien suspect virus Corona yang masuk ke rumah sakit tersebut. Hal itu menjawab isu-isu yang beredar di media sosial tentang adanya pasien suspect Corona yang dirawat di RSUD dr Moewardi.

"Diagnosa pasien tersebut adalah bronkitis akut. Jadi dipastikan tidak ada pasien suspect Corona. Memang pasien yang dimaksud memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri yaitu ke Singapura dan Malaysia, bukan ke Wuhan, China," urai Ketua Tim SARI RS dr Moewardi, Harsini, Senin (27/1/2020).

Sementara itu, RSUD dr Moewardi Solo sendiri telah melakukan persiapan mengantisipasi penyebaran coronavirus jenis baru yang tengah menjadi fenomena dunia saat ini. Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas RSUD dr Moewardi Solo, Eko Haryati mengungkapkan, rumah sakit telah mempersiapkan tim Severe Acute Respiratory Infection (SARI) yang telah terbentuk sejak tahun 2014 lalu.

"Tim ini mempunyai tugas menangani pasien rawat jalan dan rawat inap termasuk rujukan dari unit pelayanan kesehatan di luar RS yaitu SARI, Avian Influenza (AI), Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus (MERS COV) dan kegawatan paru karena infeksi," urainya.

Eko menegaskan, RS dr Moewardi menyatakan siap menghadapi penyebaran virus Corona. "Mulai dari SDM dan peralatan hingga ruang isolasi semuanya sudah siap. Dan kami memastikan isu yang berkembang di tengah masyarakat adalah tidak benar. Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Solo tidak perlu takut karena sampai detik ini tidak ada pasien Corona dan semoga tidak ada," kata dia.

Selain persiapan peralatan, RSUD dr Moewardi juga telah memiliki ruang isolasi khusus untuk pasien airborne di Ruang Anggrek 1 dengan kapasitas dua tempat tidur dan di IGD dengan satu tempat tidur. Triawati PP

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan joglosemarnews.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab joglosemarnews.com.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA