Rabu 15 Jan 2020 14:26 WIB

Mualaf, Biker Rosie Gabrielle Bersyukur atas Perhatian

Rosie Gabrielle mualaf setelah bepergian di Pakistan setahun terakhir.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Mualaf, Biker Rosie Gabrielle Bersyukur atas Perhatian.
Foto: Dok Istimewa
Mualaf, Biker Rosie Gabrielle Bersyukur atas Perhatian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kerap kali mengunjungi negara Muslim di seluruh dunia dengan sepeda motornya, traveler dan juga biker solo asal Kanada, Rosie Gabrielle, akhirnya memutuskan masuk Islam. Ia menyatakan menjadi Muslimah setelah menghabiskan waktu selama satu tahun di Pakistan. Gabrielle memeluk Islam saat mengunjungi Pakistan pada Desember 2019.

Baca Juga

Langkahnya menjadi mualaf ini ia umumkan melalui Instagram miliknya. Pengumuman itu mendapat sambutan besar dan sejumlah reaksi lainnya. Ada yang menyatakan kekaguman atas langkahnya dan ada pula yang bereaksi menghujat.

Namun, Gabrielle mengungkapkan melalui unggahan di Instagramnya, perhatian yang datang itu merupakan kejutan luar biasa baginya. Ia mengaku tidak pernah membayangkan akan mendapat reaksi sedemikian besar saat ia mengumumkan keputusannya masuk Islam. Dalam pesan unggahannya, Gabrielle mengatakan ia dibanjiri dengan pesan dan panggilan.

"Saya benar-benar bersyukur atas curahan cinta dan dukungan ketika saya memulai jalan baru dalam hidup ini. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, saya sudah secara teknis menganggap diri saya "Muslim", memiliki iman dan hubungan dengan Tuhan dan langkah yang saya lakukan pada perjalaan hidup saya. Tapi ini halaman baru bagi saya," tulisnya di akun Instagram miliknya, seperti dilansir di Images, Rabu (15/1).

Sejak masuk Islam, ia merasa rasa takut dan sakit yang ia alami akhirnya menghilang. Ia lantas merasa menjalani kehidupan yang sepenuhnya dengan berserah diri dan mendedikasikan hati dan pikirannya untuk meniti jalan yang disebutnya paling damai, sadar dan lurus.

Gabrielle juga menjelaskan pengumumannya untuk masuk Islam ke publik bukan untuk mendapatkan pengakuan atau pengikut. Akan tetapi, ia ingin kesaksian dan deklarasi itu membuatnya bertanggung jawab dan menjadikan seluruh dunia sebagai saksi atasnya.

"Dengan niat dan cinta di hati saya, saya sekarang sepenuhnya siap melakukan segalanya dalam diri saya: untuk menjadi versi terbaik dari diri saya," katanya.

Kesempatan untuk menuangkan tulisan ini digunakannya guna menjawab berbagai pertanyaan atas dirinya. Gabrielle mengatakan saat ini ia tidak akan mengubah namanya, mengenakan jilbab atau memilih Islam mazhab tertentu. Namun, ia mengatakan akan pergi umrah atau haji tahun depan.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

HUMBLED GRATITUDE 🙏 🌟 . I never in my wildest dreams would have imaged the reaction I received the other day when announcing my decision to revert to Islam. The attention came as an overwhelming shock to me as I was flooded with messages and calls. I’m truly grateful for the outpouring of love and support as I start this new path in life. As I mentioned before- I already technically considered myself “Muslim”, having the faith and connection to God and creation I did on my life’s journey. . But this is a new chapter for me. In the sense that the fear and pain I held onto has finally dissipated and I’m free to walk the fully surrendered life, dedicating my heart and mind to fulfilling the most peaceful, conscious and righteous path🙏 . My public announcement was not something to gain attention from or build my following (I actually get overwhelmed easily by attention and makes me uneasy) It was a testimony and declaration to make myself accountable and have the whole world as my witness. With the intention and love in my heart, that I am now fully ready to commit everything in my being- to become the very best version of myself. . Many common questions keep coming in, which I answered previously on stories and a post, which included; . Will I change my name? No 🌹 Does my family accept my path? Yes Will I choose a Sect? No Will I marry you? NO !!! 😂🤦🏼‍♀️ Will I do Hajj/Umrah ? Yes, within the next year Will I wear A permanent Hijab ? No, it’s not compulsory Will I stop biking/touring? HECK NO! . Although the majority of comments were full of love and support, I also received a bit of backlash (to be expected) Mostly driven by fear,ignorance, and lack of tolerance, I was scorned with indignant preachings. . As humans, we are afraid of what we do not understand. Let me be that voice and example for all of humanity, bridging the gap, to truly understand what ISLAM is and to live a peace filled connected life, and InshaAllah, hearts will be softened and minds will be opened, for more peace, acceptance and understanding. To be a beacon of light for all. Ameen 🙏💗 . 📸 Self portrait with tripod and remote . 🐱 A kitten I rescued named skardu

A post shared by Rosie (@rosiegabrielle) on

Ia juga mengatakan tidak akan mengatakan 'ya' untuk pinangan pernikahan yang ia terima. Keluarganya sendiri telah menerima keputusannya untuk menjadi mualaf.

Sementara itu, masuk Islam tidaklah menjadi halangan baginya untuk tetap menjalani aktivitasnya sebagai biker dan traveler. Gabrielle mengaku akan tetap menjalani kegiatan touring. Bahkan, dalam aktivitasnya, ia mengaku telah menyelamatkan anak kucing yang lucu dan menamainya Skardu.

Ia mengakhiri catatan dengan mengatakan kebencian tidak lantas melemahkannya. Meskipun sebagian besar komentar di Instagramnya penuh dengan cinta dan dukungan, namun dalam tulisannya itu ia mengungkapkan ia juga menerima sedikit reaksi yang tidak baik. Menurutnya, reaksi itu sebagian besar didorong oleh rasa takut, ketidaktahuan dan kurangnya toleransi.

"Saya dihina dengan ceramah kemarahan. Sebagai manusia, kita takut akan apa yang tidak kita mengerti. Biarkan saya menjadi suara dan teladan bagi semua umat manusia, menjembatani celah, untuk benar-benar memahami apa itu Islam dan Insya Allah, hati akan melunak dan pikiran akan terbuka, karena lebih banyak kedamaian, penerimaan, dan pengertian," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement