Rabu 25 Dec 2019 12:42 WIB

Ratusan Anggota Banser Dikerahkan Jaga Gereja di Tangsel

Banser secara rutin menjaga gereja selama perayaan natal.

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Nashih Nashrullah
Anggota Banser kerap terlibat mengamankan gereja bersama TNI dan Polri. Foto anggota Banser
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Anggota Banser kerap terlibat mengamankan gereja bersama TNI dan Polri. Foto anggota Banser

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN — 100 anggota kepemudaan Barisan Serbaguna (Banser) Ansor Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dikerahkan menjaga gereja saat Natal. Hal tersebut dilakukan untuk mengemban tugas toleransi antar umat beragama demi menjaga keamanan.  

“Kami menegaskan akan ikut bersinergi bersama dengan aparat keamanan dalam menjaga keamanan gereja-gereja, kenyamanan serta kondusivitas perayaan Natal dan Tahun baru," ucap Ketua Gerakan Pemuda Ansor Banser Tangsel, Ahmad Fauzi Ghani, Rabu (25/12).  

Baca Juga

Dia mengatakan anggotannya akan menjaga selama dua hari selama perayaan Natal. Pihaknya telah menurunkan 100 personel untuk menjaga gereja dalam melaksanakan ibadahnya. Menurutnya personel itu sudah ditempatkan di wilayah Kecamatan Serpong, Serpong Utara, Pondok Aren, dan Pamulang. 

“Paling intens mungkin di tiga wilayah itu, karena anggota Banser sendiri kalau untuk di Tangsel masih terbatas ya,” kata Fauzi. 

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kata dia, diharapkan penjagaan dari Ansor Banser, dan kepolisian, maupun pihak lain, acara Natal dan tahun baru berjalan kondusif dan aman.  

Lebih lanjut Fauzi mengatakan, bangsa Indonesia ini ada karena keberagaman. Berdasarkan kesepakatan para pendiri bangsa ini, yang diikat dengan Pancasila sebagai dasar negara. "Sudah menjadi tanggung jawab besar kita bersama untuk menjaga, merawat kebhinekaan tercinta ini," tambahnya.  

Sementara itu, Polres Tangsel telah menurunkan 1.875 personel gabungan untuk perayaan Natal dan Tahun Baru 2020. Sebanyak 975 dari aparat kepolisian, 150 anggota TNI, Satpol PP dan lain-lain telah disiapkan.   

“Untuk total semuanya 1.875 personel gabungan,” Kata Kabag Operasional Polres Tangsel, Kompol Murodih, Jumat lalu (20/12).  

Personel gabungan tersebut disiapkan untuk menjaga keamanan di beberapa titik wilayah Kota Tangsel. Tentu menjaga keamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 yang tinggal menghitung hari.  

Kapolres Tangsel, AKBP Ferdy Irawan, mengatakan persiapan tersebut juga dalam rangka Operasi Lilin yang diselenggarakan untuk menjaga keamanan di gereja.  

Dirinya mengatakan untuk malam Natal, seluruh gereja di wilayah Tangsel akan diamankan semua. Selain itu, pengamanan juga dikonsentrasikan mengamankan perayaan tahun baru 2020.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement