Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Arkeolog China Temukan 200 Patung Prajurit dari Tahun 200 SM

Kamis 02 Jan 2020 16:25 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Dwi Murdaningsih

Pasukan terakota Kaisar Qin Shihuang.

Pasukan terakota Kaisar Qin Shihuang.

Foto: wikipedia
Patung prajurit ditemukan di area pemakaman Kaisar Qin Shihuang di Kota Xi'an.

REPUBLIKA.CO.ID, XI'AN -- Arkeolog China kembali menemukan 200 patung atau terakota prajurit di area pemakaman Kaisar Qin Shihuang di Kota Xi'an, China, Senin (30/12). Sebanyak 200 terakota itu adalah bagian dari total sekitar 6.000 patung yang dikubur bersama jasad sang kaisar pada tahun 207 sebelum masehi.

Dilansir dari Shanghai Daily, Kamis (2/1), selain menemukan patung prajurit, penggalian terbaru ini juga menemukan 12 patung kuda, dua jejak kereta perang dan sejumlah situs bangunan. Ditambah dengan penemuan kotak penyimpanan senjata yang berisi perisai berwarna, pedang perunggu dan busur.

Shen Maosheng, arkeolog yang memimpin penggalian, mengatakan, tarakota prajurit yang ditemukan dapat dibagi ke dalam dua kategori. Pertama, prajurit yang memegang senjata tombak dan menekuk tangan kanan dengan setengah terkepal. Kedua, prajurit yang membawa busur dengan tangan kanan digantung secara alami.

Shen menambahkan, para prajurit itu diletakkan pada posisi yang berbeda. Hal ini menunjukkan adanya pembedaan tugas mereka dalan ketentaraan Kaisar Qin.

Para arkeolog memperkirakan ada lebih dari 6.000 figur tanah liat dan kuda di lubang seluas 14.260 meter persegi tersebut. Adapun penggalian ketiga yang dumulai sejak 2009, area yang digali baru seluas 400 meter di lubang Nomor 1.

Lubang Nomor 1 adalah yang terbesar di antara tiga lubang yang mengelilingi makam kaisar pertama bangsa di provinsi Shaanxi Cina barat laut itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA