Jumat 13 Dec 2019 16:26 WIB

Nasihat untuk Istri: Hati-Hati Jangan Ingkari Kebaikan Suami

Istri yang mengingkari kebaikan suami terancam ganjaran neraka.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah mengingatkan istri untuk berbakti pada suami. Foto menikah (ilustrasi)
Foto: antarafoto
Rasulullah mengingatkan istri untuk berbakti pada suami. Foto menikah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Islam mengajarkan bagi para Istri untuk menghargai setiap pemberian suami. Sekecil dan sedikit apapun pemberian suami tetaplah harus disyukuri. Selain dapat menggembirakan hati suami, menghargai setiap kebaikan suami dapat menjadi ladang pahala bagi seorang istri. 

Sebaliknya bila seorang istri mengikari setiap kebaikan suami, selain mengecewakan suami juga dapat menjadi sebab seorang istri terjerumus pada neraka.  

Baca Juga

Rasulullah SAW pernah bersabda seperti yang bisa ditemukan dalam sahih Bukhari nomor 28. Dijelaskan bahwa Rasulullah pernah diperlihatkan isi neraka. 

Di mana kebanyakan penghuninya adalah wanita. Rasulullah pun menjelaskan sebab banyaknya wanita yang menghuni neraka itu karena para wanita itu mengingkari.  

Lalu sahabat bertanya pada Rasulullah tentang yang dimaksud mengingkari itu. Sahabat bertanya apakah para wanita yang berada di neraka itu karena mengingkari Allah SWT? 

Namun, Rasulullah menjelaskan bahwa sebab banyaknya wanita yang berada di neraka itu karena mengingkari pemberian dan kebaikan dari suaminya.   

"Mereka mengingkari pemberian suami, mengingkari kebaikan. Seandainya kamu berbuat baik terhadap seseorang dari mereka sepanjang masa, lalu dia melihat satu saja kejelekan darimu maka dia akan berkata, 'aku belum pernah melihat kebaikan sedikitpun darimu," kata Rasulullah seperti dalam kutipan hadits yang diriwayatkan Bukhari.  

Kedudukan hadis tersebut shahih menurut ijma ulama dengan jalur hadits Abdullah bin Maslamah, Malik bin Anas, Zaid bin Aslam, Atha' bin Yasar, dan Abdullah bin Abbas.  

Sementara dalam Musnad Ahmad nomor 19131 juga dijelaskan bahwa Rasulullah melihat neraka dan ternyata penghuninya kebanyakan wanita, sedang Rasul mekihat surga dan kebanyakan penghuninya adalah orang-orang fakir. Andrian Saputra

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement