Kamis 12 Dec 2019 17:45 WIB

Turki Pamerkan Barang-Barang Pribadi Penguasa Ottoman

Barang pribadi tersebut milik penguasa Ottoman Sultan Abdul Hamid II.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Sultan Ottoman Abdul Hamid II memiliki hobi mengkoleksi barang unik. Foto ilustrasi Sultan-sultan Ottoman
Foto: Arabicpost
Sultan Ottoman Abdul Hamid II memiliki hobi mengkoleksi barang unik. Foto ilustrasi Sultan-sultan Ottoman

REPUBLIKA.CO.ID, BESIKTAS – Berbagai perkakas dan alat-alat kerja milik sultan Ottoman, Sultan Abdul Hamid II, dipamerkan di Museum Koleksi-koleksi Istana yang berada di distrik Besiktas, Istanbul.  

Mulai dari pedang, cambuk, alat pertukangan, tasbih, dan stempel emas merupakan perkakas dan alat-alat kerja Sultan Abdul Hamid II yang terdaftar di koleksi Istana Yildiz, Administrasi Istana Nasional. 

Baca Juga

"Sultan Abdul Hamid selalu menghargai seni dan seniman dengan kepribadiannya yang kuat, pengetahuan tentang manajemen, dan kebijakan politik dan sosial. Setiap Sultan Ottoman memiliki minat dalam bidang seni yang berbeda. Sultan Abdul Hamid tertarik pada pertukaran kayu. Di Kompleks Istana Yildiz ada ruang tukang kayu pribadi bagi Sultan, dia bersantai sambil bekerja.

Dia menghasilkan banyak barang yang dirancang khusus dengan pengerjaan yang bagus," kata pejabat museum koleksi-koleksi Istana, Guller Karahusyein menjelaskan tentang benda-benda peninggalan Sultan Abdul Hamid II seperti dilansir Daily Sabah pada Kamis (12/11).  

Menurut Karahusyein ada sejumlah perkakas  pertukangan Sultan Abdul Hamid II merupakan pemberian sejumlah kasiar kala itu. "Di antara set pertukangan sultan, ada beberapa set yang diberi sebagai hadiah dari Kaisar Jepang Meiji. Kita melihat bahwa lambang krisan lengan bunga kekaisaran Jepang terukir pada set pertukangan Sultan," lanjut Karahuseyin.  

Pada segel emas terlihat jelas tanda tangan sultan. Ada juga dua tasbih, dan pensil tukang kayu berbagai ukuran dan jenis yang juga turut dipamerkan.

Jenis-jenis karya bersejarah milik para sultan mulai menarik lebih banyak perhatian belakangan ini dengan serial TV Turki yang membawa sejarah Kekaisaran Ottoman ke layar televisi di seluruh dunia. 

Serial televisi seperti The Ottoman dan Kebangkitan Ertugrul juga menjadi tayangan yang disiarkan di berbagai negara lain yang memiliki banyak penonton.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement