Kamis 26 Dec 2019 13:16 WIB

Kemenag Belitung Gelar Shalat Gerhana Matahari

Shalat gerhana dimulai sejak pukul 11.00 WIB.

Shalat gerhana matahari (Ilustrasi).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Shalat gerhana matahari (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUNGAILIAT -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menggelar shalat kusuf atau gerhana matahari, ketika berlangsungnya fenomena gerhana matahari cincin di wilayah itu.

"Kami bersama Pemerintah Kabupaten Belitung, dinas vertikal, dan BMKG akan menggelar shalat gerhana matahari," kata Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat, Kemenag Belitung, Ahmad Tibroni di Tanjung Pandan, Kamis (26/12).

Baca Juga

Menurut dia, shalat gerhana dilaksanakan pada pukul 11:00 WIB sedangkan fenomena gerhana matahari cincin mulai berlangsung pada pukul 10:41 WIB.

Adapun yang bertindak sebagai khatib yakni Ustad Ucu Sibromilsi dan yang menjadi imam adalah Hafiz al Hafiq. "Shalat kami laksanakan di Pantai Tanjung Kelayang yang juga merupakan titik pantau gerhana matahari cincin," ujarnya.

Sebelumnya, pihaknya juga telah menyampaikan surat imbauan kepada masyarakat untuk dapat melaksanakan shalat kusuf atau gerhana matahari.

"Silahkan kepada jamaah-jamaah masjid yang ada di Kabupaten Belitung untuk melaksanakan shalat kusuf kalau bisa dilaksanakan sebelum selesai terjadinya gerhana," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement