Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

PBAK dan Dompet Dhuafa Gelar Acara Cegah Korupsi di Riau

Senin 09 Dec 2019 16:51 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Dompet Dhuafa  bersama lapisan masyarakat gelar Hari Anti Korupsi Sedunia  bertempat di Area Car Free Day,Riau. Ahad (12/8 ).

Dompet Dhuafa bersama lapisan masyarakat gelar Hari Anti Korupsi Sedunia bertempat di Area Car Free Day,Riau. Ahad (12/8 ).

Foto: dok. Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa dan PBAK menanamkan nila antikorupsi lewat permainan boardgames

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- PBAK dan Dompet Dhuafa Riau Bangun gerakan antikorupsi dengan Festival Muda Melawan Korupsi. Selain mengancam finasial negara secara materi, korupsi juga berbahaya dalam pembentukan karakter generasinya. Mencegah penyakit Korupsi di Masyarakat, Pusat Belajar Anti Korupsi Dompet Dhuafa Bersama lapisan masyarakat gelar Hari anti korupsi Sedunia bertempat di Area Car Free Day,Riau, Ahad (8/12).

Menurut perwakilan KPK tepatnya Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Romy bahwa generasi Milenial itu menyukai hal-hal yang menyenangkan. Sehingga salah satu cara paling efektif menanamkan nilai-nilai anti korupsi adalah melalui Boardgames. "Boardgame yang kita gunakan ini adalah Boardgames yang memiliki pesan-pesan antikorupsi di dalamnya bukan hanya bagi anak-anak. Ada beberapa boardgame yang digunakan untuk mahasiswa dan orang dewasa,"

Hari Antikorupsi Sedunia yang  jatuh pada tanggal 9 Desember nanti, Namun kesibukan para Dompet Dhuafa Volunteer Riau sudah mulai sejak seminggu lalu. Rangkaian Festival dibuka dengan ToT Boardgames Antikorupsi di kantor Dompet Dhuafa Riau awal Desember.

photo
Dompet Dhuafa bersama lapisan masyarakat gelar Hari Anti Korupsi Sedunia bertempat di Area Car Free Day,Riau. Ahad (12/8 ).

Training ini tujuannya adalah membangun komunitas Boardgame yang konsisten menyuarakan Antikorupsi. Peserta dalam training inipun beragam, dari Dompet Dhuafa Volunteer Riau, organisasi mahasiswa hingga guru. Kemudian dihari kedua, peserta training diberi bekal pengetahuan antikorupsi. Dihari kedua peserta lebih antusias dengan melibatkan berbagai komunitas mahasiswa yang akan terlibat dalam puncak acara Festival Muda Melawan Korupsi.

Festival ini bukan acara hiburan semata, ada banyak acara edukasi seperti Boardgame dan Dongeng antikorupsi, aksi mural, tembok pesan kepada koruptor, serta berbagai orasi publik dan diujung acara kita bersama antara pemerintah dan masyarakat sipil menyatakan deklarasi melawan korupsi. Provinsi Riau bisa jadi adalah provinsi zona merah korupsi, ada banyak kasus korupsi disini belum lagi permasalahan pembakaran hutan dan asap.

photo
Dompet Dhuafa bersama lapisan masyarakat gelar Hari Anti Korupsi Sedunia bertempat di Area Car Free Day,Riau. Ahad (12/8 ).

Sementara itu, Direktur PBAK Ridwan Affan mengatakan menanamkan pengetahuan antikorupsi itu sangat penting apa lagi komunitas-komunitas yang hadir dalam kegiatan kelas antikorupsi ini akan menjadi agen antikorupsi di Riau. "Setiap program PBAK itu membangun dan memperdayakan komunitas. Dari kelas antikorupsi kita mencoba menanam bibit, dan bersama Dompet Dhuafa Riau kita rawat komunitas ini untuk senantiasa bergerak melawan korupsi.”

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA