Kamis 02 May 2019 18:40 WIB

Halima Aden, Supermodel Muslimah Pertama Kenakan Burkini

Halimah Aden terkenal sebagai supermodel Muslimah berhijab.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nashih Nashrullah
Halima Aden: Super model Muslim Halima Aden.
Foto: instagram
Halima Aden: Super model Muslim Halima Aden.

REPUBLIKA.CO.ID, Seorang supermodel berdarah Somalia-Amerika Serikat, Halima Aden, menjadi supermodel Muslimah pertama yang mengenakan burkini. Burkini merupakan pakaian tipis yang dapat digunakan untuk berenang dan dibuat untuk para hijabers oleh seorang berkebangsaan Lebanon-Australia, Aheeda Zanetti.  

Halima Aden yang lahir di Kamp Pengungsian Kakuma, Kenya, menjadi model pertama mengenakan burkini, dan dimuat pada Sport Illustrated Magazine. Dia kembali ke negara kelahirannya, Kenya, untuk melakukan pemotretan bersejarah tersebut.  

Baca Juga

Foto Halima Aden akan muncul dalam edisi baju renang, pada Mei 2019 ini, mengenakan sejumlah burkini berwarna-warni dengan motif yang berbeda. “Perempuan-perempuan muda berhijab, harus bisa menjadi seseorang yang dicari-cari di setiap industri,” kata dia kepada BBC. 

Dia mendapat respons luar biasa dan merasa sangat tersanjung, karena Sports Illustrated Magazine telah mengambil langkah bersejarah, dalam menampilkan keindahan yang dimiliki wanita berpakaian sederhana  

“Kami sekarang melihat politisi, pebisnis, reporter televisi, dan mereka perempuan berhijab yang sukses dalam kariernya masing-masing. Itulah pesan yang perlu disampaikan,” ujar Halima Aden. 

Tim Sports Illustrated Magazine memutuskan untuk melakukan pemotretan mereka di Pantai Watamu, Kenya, dengan fashion photographer, Yu Tsai. Pemotretan dilakukan tanpa menghilangkan makna sebenarnya dari tempat kelahiran Halima Aden.  

“Saya terus membayangkan kembali pada diri saya yang berusia enam tahun, di negara yang sama ini, berada di kamp pengungsian. Jadi saya tumbuh dan menghidupkan impian saya di Amerika, lalu sekarang kembali ke Kenya untuk melakukan photo shoot di bagian paling indah Kenya, saya tidak berpikir ini adalah cerita yang belum tentu terjadi dalam hidup orang lain,” tutur Halima Aden. 

Ini bukan pertama kalinya Halima menjadi orang yang melampaui batas, dibandingkan Muslimah lainnya. Pada 2016, dia adalah kontestan muslim pertama yang menutup seluruh tubuhnya, dan bersaing dalam kontes Miss Minnesota USA.  

Kemudian dia masuk menjadi model IMG dan menjadi model pertama yang mengenakan hijab, dan muncul di beberapa sampul depan majalah USA, pernah juga dia tampil di Allure Magazine USA pada 2017.  

Kemudian pada 2018, dia adalah model pertama yang mengenakan jilbab di sampul Vogue Inggris, dan muncul di halaman berwarna majalah tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement