Kamis 28 Nov 2019 18:00 WIB

Tiga Konten Unggulan Halal Expo Indonesia

Konten unggulan dari HEI di antaranya HEISpeak HEIshare, HEIkids dan HEIact.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Penasihat Halal Expo Indonesia (HEI) 2019, Ustaz Fatih Karim (tengah) sedang menjelaskan cara hidup halal dalam sesi konferensi pers di Hotel  The Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (28/11). Halal Expo 2019 yang mengusung tema
Foto: Republika/Febryan A
Penasihat Halal Expo Indonesia (HEI) 2019, Ustaz Fatih Karim (tengah) sedang menjelaskan cara hidup halal dalam sesi konferensi pers di Hotel The Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (28/11). Halal Expo 2019 yang mengusung tema

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Halal Expo Indonesia (HEI) kedua mengusung tema 'Halal is Everything'.  Sejumlah produk halal akan dipamerkan pada gelaran yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, Banten pada 6-8 Desember 2019. HEI kali ini juga menyiapkan konten unggulan dari HEI di antaranya HEISpeak HEIshare, HEIkids dan HEIact.

Project Director HEI, Aryo Wibisonomenyampaikan, HEISpeak adalah sebuah forum diskusi bagi para pengunjung untuk belajar dan mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang halal dalam Islam. Para pembicara dalam acara ini tidak hanya dari para Asatidz atau Ustaz namun juga dari para pelaku bisnis, akademisi dan regulator.

Baca Juga

Tujuan dibentuknya HElSpeak adalah menyatukan pendapat mengenai halal dari sudut pandang yang berbeda dan dilegitimasi oleh para ustaz sesuai kaidah agama yang tertuang dalam Alquran dan Hadist. "Sehingga diharapkan semua pengunjung yang hadir, dan keluar dari HEI mempunyai pandangan dan pendapat yang sama akan arti halal," ujarnya.

HEI juga menyediakan area bermain untuk anak-anak yaitu pada area HElkids. Satu dari sekian banyak gim yang disediakan adalah lomba mewarnai karakter Nussa. HEI juga menyelenggarakan lomba Adzan dan Murottal untuk tingkat SD hingga Universitas. HEI menyediakan hadiah umrah dan uang tunai yang akan diserahkan langsung oleh Qori terkenal dari Indonesia dan luar negeri.

Aryo menyampaikan, HEI melalui program HElact mencoba mengusung dan mengedukasi program mengurangi sampah kepada para pengunjung. Mulai dari sedekah sampah, pemilahan jenis sampah dan pengurangan penggunaan plastik akan coba diterapkan.

"Dengan tujuan meningkatkan kepedulian masyarakat dengan program less waste ini untuk mengurangi sampah plastik di Indonesia," jelasnya.

Beberapa program HElact di antaranya, pengunjung akan diminta membawa tumbler. Pengunjung akan diminta bersedekah sampah yang akan dikumpulkan di venue dan akan bekerjasama dengan bank sampah dan TPS terpadu di sekitar venue. Pengunjung akan dibagikan telo bag atau tas yang terbuat dari serat ketela yang berfungsi untuk menampung barang-barang pengunjung

Tong sampah yang tersebar di venue akan dibagi tiga. Yaitu sampah organik, sampah plastik, dan sampah lain lain. Sampah yang dihasilkan selama acara HEI berlangsung akan dipilah dan didaur ulang.

Aryo juga mengatakan, Insya Allah sejumlah ulama akan memeriahkan HEI kedua. Insya Allah yang akan hadir di antaranya Ustaz Adi Hidayat, Ustaz Haikal Hasan, Ustaz Oemar Mita, Ustaz Fatih Karim, Ustaz Lukmanul Hakim, Ustaz Weemar, Ustaz Handy Bonny dan Dokter Gamal Albinsaid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement