Ahad 01 Dec 2019 22:40 WIB

Baznas Gelar Kampanye Zakat untuk Kemandirian Disabilitas

Baznas bangga memiliki layanan untuk penyandang disabilitas.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Logo Baznas
Foto: dok. Baznas
Logo Baznas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar Kampanye Zakat untuk Kemandirian Disabilitas di area Car Free Day (CFD), Jl Sudirman- MH Thamrin, Jakarta, Ahad (1/12). Kegiatan ini menjadi bagian dari Peringatan Hari Disabilitas Internasional yang diperingati pada 3 Desember setiap tahunnya.

Berbagai kegiatan pun disiapkan dalam kegiatan kampanye ini. Di antaranya yakni aksi simpatik untuk mendukung hak-hak dan memberikan semangat kepada para penyandang disabilitas.

Baca Juga

Direktur Utama Baznas, M Arifin Purwakananta mengatakan, Baznas bangga memiliki layanan yang menemani sahabat penyandang disabilitas mendapatkan hak-haknya. Melihat dinamika penyandang disabilitas di masyarakat, beberapa masih memandang mereka sebagai objek belum sebagai subjek yang diikutsertakan membangun di semua sektor bidang masyarakat.

"Padahal mereka memiliki potensi yang sama dengan masyarakat lain, karena itu penting untuk menyampaikan berbagai prestasi yang telah diraih para penyandang disabilitas dalam pembangunan di masyarakat," kata Arifin dalam keterangan tertulisnya kepada Republika pada Ahad.

Baznas juga mengundang para tokoh disabilitas untuk diskusi bersama, antara lain atlet Indonesia Amputee Football, Wahyu Chandra Aji yang berbagi pengalaman mengenai prestasi-prestasi yang telah diukirnya. Hadir pula Dewan Kemakmuran Masjid El Syifa Ciganjur, Hadi Saifullah memaparkan pentingnya Sarana Ibadah bersifat Inklusif bagi Disabilitas.

Baznas juga mendorong layanan terbaik bagi para penyandang disabilitas melalui Program Layanan Aktif Baznas (LAB). Melalui LAB, Baznas juga mendistribusikan kebutuhan-kebutuhan dasar bagi para penyandang disabilitas yang membutuhkan.

Pada area tersebut, Baznas turut menunjukkan keahlian para tuna netra melalui Layanan Pijat gratis, dan dapur air bagi para pengunjung Car Free Day. Selain itu, dalam kegiatan ini Baznas juga untuk mengundang partisipasi masyarakat dalam mendukung prestasi para penyandang disabilitas terutama mereka yang masih berada dalam kategori mustahik, dengan menyalurkan zakat melalui Baznas.

Baznas telah memiliki berbagai program pendistribusian dan pendayagunaan bagi para penyandang disabilitas, seperti Program "Mustahik Pengusaha" dalam upaya meningkatkan ekonomi mustahik, termasuk juga di dalamnya kelompok usaha disabilitas.

Program ini tidak hanya memberikan bantuan modal usaha, tapi juga  pendampingan intensif berupa pengembangan usaha, pelatihan keahlian dan pencatatan keuangan. Kegiatan pendampingan menjadi salah satu faktor keberhasilan program, untuk menjaga semangat mustahik dan memastikan usaha mereka berjalan sesuai rencana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement