Selasa 19 Nov 2019 22:21 WIB

Buka MTQ DKI Jakarta, Anies: Amalkan Pesan-Pesan Alquran

MTQ DKI Jakarta mengangkat tema "Membumikan Alquran di Ibu Kota".

(Ilustrasi) Membaca Alquran dengan pengeras suara
Foto: Republika/mgrol101
(Ilustrasi) Membaca Alquran dengan pengeras suara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, membuka acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVIII tingkat Provinsi DKI Jakarta dengan tema "Membumikan Alquran di Ibu Kota" di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (19/11).

Dalam sambutannya Anies mengatakan, MTQ bukan hanya kegiatan tahunan yang rutin digelar, melainkan juga sebagai bentuk persiapan Provinsi DKI Jakarta mempertahankan gelar juara MTQ Nasional.

Baca Juga

"Kita perlu juga mendorong apa yang menjadi nilai-nilai dan pesan-pesan dari Alquran bisa jadi contoh diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bagi peserta MTQ untuk menjadi pribadi-pribadi berakhlak Islam," kata Anies saat ditemui usai pembukaan MTQ Provinsi DKI.

Acara itu digelar hingga Sabtu (23/11) dengan lima jenis lomba di antaranya tilawah, tahfiz, tafsir bahasa, qiraat, dan kaligrafi.

Tahun ini Jakarta Pusat ditunjuk menjadi tuan rumah dari kegiatan kompetisi tahunan yang diikuti oleh tiga kategori usia mulai dari anak-anak, remaja dan dewasa.

Gubernur Anies Baswedan juga menyerahkan uang sebesar Rp 50 juta yang berasal dari Baznaz kepada pemenang MTQ internasional bernama Miftah Farid di Maroko.

Acara MTQ tingkat Provinsi DKI Jakarta itu resmi dibuka, usai Anies menyampaikan pantunnya mengenai Quran.

"Malam hari makan selada, walau mengantuk segarlah mata, simpan Alquran di dalam dada, karena ia adalah pelita," ujar Anies disambut riuh para kafilah dari enam wilayah di DKI Jakarta.

Selain dihadiri Gubernur Anies Baswedan, pembukaan MTQ tingkat Provinsi DKI Jakarta itu turut dihadiri Kepala Kantor Wilayah Keagamaan DKI Jakarta dan para wali kota dari setiap wilayah termasuk Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara, sebagai tuan rumah MTQ XXVIII Provinsi Jakarta.

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement