Kamis 21 Nov 2019 10:24 WIB

Anak Juara Rumah Zakat Belajar Minimalisasi Sampah

Pembinaan kali ini Anak Juara belajar tentang Zero Waste/Less Waste.

Anak Juara MTT belajar pengolahan sampah.
Foto: Rumah Zakat
Anak Juara MTT belajar pengolahan sampah.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pembinaan Anak Juara MTT Regional Jawa Timur dilakukan bersama Rumah Zakat, Ahad (20/11) di balai RT Simogunung Barat Tol, Sukomanunggal-Surabaya. Pembinaan kali ini Anak Juara belajar tentang Zero Waste/Less Waste

Baca Juga

Bekerja sama dengan komunitas Ibu Profesional Surabaya, Anak Juara mendapat materi tentang pentingnya meminimalisir sampah. Lya sebagai pemateri bersama rekan-rekan Komunitas Ibu Profesional juga membawa beberapa contoh produk Zero Waste, seperti sabun dari minyak jelantah, biji lerak sebagai pengganti detergen, perlengkapan membuat kompos, dan sebagainya. 

 

Sampah merupakan permasalahan besar yang dapat menimbulkan kerusakan pada makhluk hidup dan lingkungan alam. Diharapkan dengan pemberian materi ini, Anak Juara bisa ikut serta menjadi bagian dari solusi permasalahan sampah. 

Konsep pembinaan pun dikondisikan agar tidak menimbulkan sampah, dengan menyediakan air galon dan meminta Anak Juara untuk membawa tumbler minum sendiri-sendiri. 

"Materinya menarik sekali dan sangat bermanfaat. Mulai sekarang, saya mau meminimalisir pemakaian atau pembelian makanan berbungkus plastik. Kasian ekosistem laut banyak yang mati gara-gara sampah kita," ujar Putri, salah satu Anak Juara MTT jenjang SMA.

photo
Anak Juara MTT belajar pengolahan sampah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement