Selasa 19 Nov 2019 10:05 WIB

Rumah Zakat Bantu Warga Desa Cimungkal Dapat Air Bersih

Masyarakat berbondong-bondong menampung air bantuan dari Rumah Zakat.

Rumah Zakat membantu air bersih di Desa Cimungkal.
Foto: rumah zakat
Rumah Zakat membantu air bersih di Desa Cimungkal.

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Rumah Zakat membantu air bersih di Desa Cimungkal.Desa Cimungkal merupakan desa yang berbatasan dengan desa Lemah Sugih kabupaten Majalengka.  Desa ini terletak di kaki gunung Cakrabuana yang beberapa bulan terakhir ini mengalami kekeringan.

Masyarakat desa Cimungkal sangat membutuhkan air, untuk keperluan wudhu, memasak, dan mandi. Menurut warga RW 04, air sebetulnya ada, namun debitnya kecil,

Baca Juga

Air tidak mampu mencukupi kebutuhan warga masyarakat Ciledug. Persediaan air yang ada sangat tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kemarau panjang mengakibatkan debit air di mata air semakin hari semakin berkurang.

Saat ini masyarakat mengambil air ke tempat tempat yang bisa dijangkau, Mereka bahkan pergi ke lembah-lembah yang masih ada sumber mata air. Ada beberapa masyarakat rela mengantri untuk mendapatkan air dari lembah-lembah yang ada mata airnya.

Berkoordinasi dengan pemerintah setempat, Aparatur Desa, dan juga BPD Rumah Zakat Salurkan Bantuan Air Bersih Ke Desa Cimungkal. Dalam penyaluran air bersih tersebut, sekitar pukul 15.30 masyarakat berbondong-bondong membawa jerigen air, dan ember, untuk mengisi air.

Wawan Kuswendi selaku fasilitator Desa Berdaya membenarkan bahwa daerah Ciledug  khusus RW 04 desa Cimungkal begitu kesulitan mendapatkan air bersih,  Setiap hari ibu-ibu, banyak berlalu lalang ke mata air, yang ada di lembah Cimangi untuk mengisi air dan bak. Meski sempat hujan berkali-kali juga, ternyata belum bisa mengalirkan air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement