Kamis 14 Nov 2019 09:00 WIB

Rumah Zakat Bantu Desa Simatorkis Jadi Pusat Ternak Kambing

Rumah Zakat membantu modernisasi kandang kambing.

Rumah Zakat membantu memperbaiki kandang kambing di Desa Berdaya Simatorkis.
Foto: rumah zakat
Rumah Zakat membantu memperbaiki kandang kambing di Desa Berdaya Simatorkis.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG LAWAS -- Rumah Zakat membina kelompok ternak kambing Desa Berdaya Simatorkis, Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas, Sumatra Utara. Rumah Zakat membantu memperbaiki cara beternak yang dicontohkan para peternak yang telah berhasil.

Dari kandang model biasa sekarang diubah menurut cara yang dicontohkan pemateri pelatihan cara beternak kambing yang baik. Kandang dibuat menghadap kearah matahari terbit supaya kambingnya sehat kena sinar matahari.

Baca Juga

Kemudian, model penampungan kotoran kambingpun dibuat miring kedepan supaya mudah untuk dibersihkan. Kotoran beserta air kencing kambing untuk dijadikan pupuk dan dijual

Perbaikan kandang kambing saat ini sudah mencapai 70 persen siap. Nantinya. di Desa ini akan dijadikan Desa Berdaya Simatorkis sentral peternak kambing. Untuk menjadi sentra peternak kambing, selanjutnya peternak akan mencoba memfermentasi sampah daun daun yang kering untuk dijadikan makanan kambing.

“Terima kasih MDI dan Donatur Rumah Zakat yang telah mensupport Desa berdaya Simatorkis. Semoga Allah membalas dengan balasan pahala dan Rezeki yang berlipat ganda,” ujar salah satu penerima manfaat kelompok ternak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement