Selasa 15 Oct 2019 04:04 WIB

Hikmah Kesombongan dari Kisah Qarun

Qarun adalah seorang yang sangat saleh dan pengikut ajaran Ibrahim yang sangat baik.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Danau Qarun
Foto: Blogspot.com
Danau Qarun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernahkah mendengar kisah Qarun? Menurut Ibnu Ishak, Qarun adalah paman Nabi Musa. Qarun dikenal sebagai seorang yang kekayaannya sangat melimpah ruah. Namun, sebelumnya, hidup Qarun sangat miskin. Dia tidak mampu menafkahi anaknya yang jumlahnya sangat banyak.

Bosan dengan keadaannya, Qarun meminta Nabi Musa untuk mendoakannya agar Allah memberikannya harta benda yang sangat banyak. Nabi Musa menyetujuinya tanpa ragu karena dia tahu bahwa Qarun adalah seorang yang sangat saleh dan pengikut ajaran Ibrahim yang sangat baik.

Baca Juga

Allah pun mengabulkan doa Musa. Akhirnya, Qarun memiliki ribuan gudang harta yang penuh berisikan emas dan perak.

Dalam surah al-Qashash ayat 76 dikisahkan bahwa Qarun pernah pamer kekayaannya. Saat itu, dia keluar dengan pakaian yang sangat mewah didampingi oleh 600 orang pelayan terdiri atas 300 laki-laki dan 300 lagi pelayan perempuan. Bukan hanya itu, ia juga dikelilingi oleh 4.000 pengawal dan diiringi 4.000 binatang ternak yang sehat, plus 60 ekor unta yang membawa kunci-kunci gudang kekayaannya.

Namun sayang, setelah keinginannya menjadi kaya raya terwujud, Qarun mempergunakan hartanya dalam kesesatan, kezaliman, dan permusuhan, sehingga membuatnya menjadi orang yang sombong. Qarun mabuk dan terlena dengan kekayaannya.

Janji Qarun untuk lebih khusyuk beribadah dan membantu sesama setelah menjadi kaya, kandas. Dia mendurhakai Allah dan memilih untuk menyembah Sobek, dewa berkepala buaya, serta dewa-dewa lainnya.

Qarun tidak mengindahkan nasihat para mukmin yang memintanya untuk bersyukur kepada Allah atas segala nikmat harta kekayaan yang diberikan. Selain itu, memanfaatkan hartanya dalam hal yang bermanfaat, kebaikan, dan kegiatan lainnya yang halal karena semua itu adalah harta Allah. Tapi, ia menolak dan berkata dengan po ngah, seperti dikutip dari surah alQashash ayat 78. Sesungguhnya, aku hanya diberi harta itu karena ilmu yang ada padaku.

Tak hanya durhaka pada Allah, dia pun kemudian mengkhianati Nabi Musa. Alquran menyejajarkan peng khianatan Qarun ini dengan pe nolakan Firaun Ramses II atas ajaran tauhid yang dibawa Musa. Seperti disebut dalam surah al-Mukmin ayat 23-24, Dan sesungguhnya telah Kami utus Mu sa dengan memba wa ayat-ayat Kami dan keterangan yang nyata kepada Fir 'aun, Haman, dan Qarun, maka mereka berkata, `(Ia) adalah seorang ahli sihir yang pendusta. '

Suatu hari, Nabi Musa diperitahkan oleh Allah untuk mengerjakan zakat. Nabi Musa lalu mengutus salah seorang pengikut nya untuk mengambil zakat dari Qarun. Begitu sampai, Qarun langsung marah dan tidak mau memberikan sedikit pun dari kekayaannya. Karena, menurut Qarun, kekayaannya itu adalah hasil kerja keras dan usaha sendiri, tidak ada kaitan de ngan siapa pun, tidak ada kaitan dengan Allah atau dewa mana pun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement