Kamis 31 Oct 2019 18:15 WIB

Koin Emas dari Tambang Pribadi Era Umayyah Laku Rp 65 Miliar

Koin emas tersebut diambil dari tambang pribadi khalifah.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah
Koin emas era umayyah
Foto: Dok Isitimewa
Koin emas era umayyah

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Koleksi koin mungkin hanya menjadi hobi bagi sebagian orang. Namun, ternyata ada banyak orang di seluruh dunia yang rela membayar hingga jutaan dolar untuk mendapatkan uang receh kuno. 

Di London, Inggris, ada lelang untuk koin emas Islam berusia 1.300 tahun yang dijual seharga 4,7 dolar atau setara dengan Rp 65 milyar. Koin indah itu rupanya terbuat dari emas yang ditambang dari situs milik khalifah, penerus jejak Nabi Muhammad SAW. Koin tersebut adalah salah satu dari hanya 12 koin yang ada.

Baca Juga

Koin istimewa dari masa khalifah Umayyah tersebut menyerupai uang 1 sen pound. Sementara di atas koin itu terdapat tulisan dengan kata-kata 'Ma'din Amir al-Mu'minin bi'l-Hijaz' atau bermakna 'Tambang Komandan Setia di Hijaz'. 

Penjualan koin kuno ini berlangsung pada Kamis lalu dan dieksekusi oleh juru lelang London, Morton & Eden, yang menuju ke seorang penawar anonim yang membayar dua kali perkiraan pra-penjualan koin tersebut. 

Spesialis koin Islami Morton & Eden, Stephen Lloyd, lantas mengomentasi lelang tersebut. Menurut dia, harga yang luar biasa yang dibayarkan pada hari lelang tersebut mencerminkan betapa pentingnya sejarah, keindahan, dan sesuatu yang sangat jarang dari koin yang luar biasa itu. 

Menurutnya, dinar semacam itu adalah salah satu yang paling dicari dari semua koin Islam di era awal dan mewakili sesuatu yang paling dicari para kolektor koin Islam era awal. "Rekor untuk koin paling mahal yang dijual dipegang oleh 1794 Flowing Hair Dollar yang diambil senilai 9,8 juta dolar di AS pada 2013," tambahnya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement