Rabu 23 Oct 2019 19:36 WIB

Pasutri Muslim di New York Alami Diskriminasi di Toko Retail

Pasutri Muslim mendapat serangan rasial.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Kelompok Muslim Amerika Serikat mengampanyekan anti Islamofobia
Foto: world bulletin
Kelompok Muslim Amerika Serikat mengampanyekan anti Islamofobia

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK – Pasangan suami istri Muslim mengaku menjadi korban kejahatan rasial saat berkunjung ke sebuah toko retail TJ Maxx di Brooklyn, New York. 

Dilansir di nypost.com, Rabu (22/10) seorang pria Muslim mengaku dia dan istrinya yang mengenakan jilbab dilecehkan di Brooklyn TJ Maxx oleh seorang wanita yang berteriak, "Kembalilah ke negara Anda!" 

Baca Juga

Mido Mourad, pria tersebut mengatakan insiden itu terjadi saat dalam antrean kasir di toko TJ Maxx, Bay Ridge di 86th Street pada Sabtu (19/10). Dia dan istrinya ada di sana membeli pakaian musim dingin untuk anak kembar mereka.  

“Setelah kami mengambil barang-barang kami, kami berdiri di dekat kasir untuk memutuskan apakah kami siap untuk membayar. Saat itu,  wanita kulit putih dalam video itu, mulai memaki maki istri saya dan saya. Istri saya mengenakan jilbab, ”kata Mourad dalam sebuah pernyataan yang dibagikan oleh Dewan Hubungan Amerika-Islam.  

“Wanita ini menjadi lebih agresif dan kami mulai khawatir bahwa dia akan membahayakan kita. Ketika kami mulai berjalan pergi, dia berteriak pada kami untuk 'kembali ke negara Anda !' Kami terkejut dan terguncang." 

Mourad mengatakan karyawan dan manajer TJ Maxx tidak melakukan apa pun untuk campur tangan tetapi dia menelepon polisi atas saran seorang saksi.  

Di luar, dia merekam wanita yang keluar dari toko. "Ketika saya sedang merekam, dia menjadi marah dan memukul saya dan hampir menghancurkan ponsel saya," klaim Mourad. 

Rekaman menunjukkan wanita itu membalik jari tengah dan berteriak, "Berhenti mengambil gambar!" Saat dia menggesek ponselnya. 

"Berhenti merekam wajahku atau aku akan menjemputmu," katanya ketika dia berjalan pergi dengan seorang teman. 

Ketika polisi tiba, mereka menyatakan  kepadanya bahwa insiden itu bukan kejahatan rasial, melainkan hanya pelanggaran. Kemudian dia mengajukan keluhan pelecehan dengan NYPD dan mendesak mereka untuk menyelidiki itu sebagai kejahatan rasial. 

Dalam sebuah posting di Facebook pribadinya, Mourad menggambarkan tersangka penyerang sebagai "pendukung Trump fanatik" tetapi tidak memberikan bukti mengenai afiliasi politik wanita itu. 

Menurut juru bicara Gugus Tugas Kejahatan Kebencian NYPD telah diberitahu dan laporan polisi telah diajukan.   

Perwakilan untuk TJ Maxx mengatakan pihaknya sedang menyelidiki dan akan mengambil tindakan internal apa pun untuk menghindari insiden di masa depan. 

"Kami berkomitmen menjaga toko kami di mana setiap orang diperlakukan dengan bermartabat dan hormat, dan tidak memaafkan perilaku mengganggu atau agresif. Kami menyesal mengetahui bahwa situasi ini terjadi antara dua pelanggan dan sedang menyelidiki masalah ini lebih lanjut," jelas dia. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement