Rabu 16 Oct 2019 17:27 WIB

MCB Gelar Pemeriksaan Kesehatan Masal di Lapas Gunung Sindur

Mualaf Center Baznas (MCB) menggandeng Rumah Sehat Baznas (RSB).

Tim Mualaf Center Baznas (MCB) dan Rumah Sehat Baznas (RSB) melayani  Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas III Gunung Sindur yang memeriksakan kesehatannya.
Foto: Dok Baznas
Tim Mualaf Center Baznas (MCB) dan Rumah Sehat Baznas (RSB) melayani Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas III Gunung Sindur yang memeriksakan kesehatannya.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Mualaf Center Baznas (MCB)  bekerja sama dengan Rumah Sehat Baznas (RSB) Jakarta menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan masal untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)  di Lapas Kelas III Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Selasa  (15/10). Acara tersebut dihadiri oleh Penanggung Jawab Program Advokasi MCB, Ardy Chrismas Widiantoro;  Kepala RSB Jakarta,  dr Dewi Hapsari; dan Kepala Lapas Kelas III Gunung Sindur, Sopiana beserta Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)  di Lapas Kelas III Gunung Sindur.

Penanggung Jawab Program Advokasi MCB, Ardy Chrismas Widiantoro mengatakan, kesehatan merupakan salah satu hak dasar yang harus dipenuhi bagi seluruh warga negara tanpa terkecuali.  Begitu juga bagi Warga Binaan Pemasyarakatan. 

“Pemeriksaan kesehatan masal di Lapas Kelas III Gunung Sindur ini adalah bagian dari komitmen program pembinaan MCB kepada Warga Binaan Pemasyarakatan, bersinergi dengan Lembaga Program Baznas lainnya, yaitu RSB Jakarta, melalui kekuatan zakat umat,”  kata Ardy dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (16/10).

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Baznas kepada Warga Binaan Pemasyarakatan tanpa memandang latar belakang. “Mereka memiliki hak untuk menjadi lebih baik, kita semua berupaya mewujudkannya dengan merangkul semua stakeholder. Kepedulian ini diharapkan dapat menunjang program pembinaan kerohanian melalui pelayanan kesehatan di lembaga pemasyarakatan,” ujarnya.

Layanan pemeriksaan kesehatan masal berlangsung di halaman Masjid Nurul Hidayah dan diikuti sebanyak 250 orang Warga Binaan Pemasyarakatan. Kegiatan ini bertepatan dengan rangkaian peringatan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) 2019 dan HUT Kementerian Hukum dan HAM yang jatuh pada tanggal 30 Oktober 2019.

Kepala Lapas Kelas III Gunung Sindur, Sopiana dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Baznas khususnya MCB dan RSB Jakarta atas kepeduliannya melalui program pembinaan dan pelayanan kesehatan ini. “Sangat bermanfaat dan membantu meningkatkan kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Kelas III Gunung Sindur,” jelasnya.  

Kegiatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh Warga Binaan Pemasyarakatan. Tidak hanya pemeriksaan, mereka juga dapat berkonsultasi tentang masalah kesehatan. “Semoga dengan pelayanan kesehatan ini, Warga Binaan Pemasyarakatan mampu menumbuhkan rasa kepedulian untuk selalu hidup sehat, menjaga kebersihan diri dan lingkungan khususnya di Lapas Kelas III Gunung Sindur ini,” ujar dr Dewi Hapsari.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement