Jumat 11 Oct 2019 05:10 WIB

Rumah Zakat-ZIS Indosat Selenggarakan Pelatihan Wirausaha

Pelatihan bertujuan membekali member binaan dengan kemampuan bisnis.

Rumah Zakat Jatim dan ZIS Indosat selenggarakan pelatihan kewirausahaan.
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat Jatim dan ZIS Indosat selenggarakan pelatihan kewirausahaan.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Selasa (8/10) lalu, sebagai salah satu rangkaian dari Program Pendampingan Usaha, Rumah Zakat Perwakilan Jawa Timur (Jatim) dan Zakat Infak Sedekah (ZIS) Indosat Jatim mengadakan Pelatihan Kewirausahaan bagi para anggota binaan yang pada tahap ini berjumlah lima orang.

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para member binaan dengan kemampuan bisnis seperti kemampuan mengenali bisnis, strategi meningkatkan profit dan menata keuangan usaha secara baik dan benar. Kegiatan ini diadakan, pada Selasa (8/10), bertempat di Kantor Indosat Surabaya tepatnya di ruang Ooredoo.

Baca Juga

Secara keseluruhan, program pendampingan usaha sudah berjalan selama dua tahap. Untuk tahap I sebanyak enam orang dan sekarang masuk tahap II sebanyak lima orang.

Pelatihan tersebut secara dihadiri oleh pak Aditya Evan selaku BM Rumah Zakat perwakilan Jatim dan Pak Toha selaku Ketua ZIS Indosat Jatim. Tema yang diangkat ialah "Strategi Menaikkan profit dan Menata Keuangan Secara Baik dan Benar".

 

Dengan narasumber mas Veldi Mahartriasa seorang pengusaha muda sekaligus owner produk tas Eastmovin. Untuk materi awal para member diminta untuk mengenali bisnisnya masing-masing.

photo
Rumah Zakat Jatim dan ZIS Indosat selenggarakan pelatihan kewirausahaan.

Setelah member bisa mengenali bisnisnya dengan baik maka para peserta diminta untuk membuat target market kepada orang-orang yang benar-benar berpotensi menjadi pelanggan. Dimateri berikutnya setelah target market ditemukan kemudian para peserta diajari tentang bagaimana strategi meningkatkan profit usaha.

Kemudian dimateri terakhir para peserta diberikan materi cara menata keuangan secara baik dan benar. Dalam materi ini para member diperkenalkan dengan salah satu aplikasi pencatatan usaha teman bisnis. Sebuah aplikasi akuntansi keuangan yang cukup mudah pengoperasiannya dan sangat bisa membatu para pelaku usaha micro dalam melakukan pencatatan usaha.

"Harapannya para peserta bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi ini diusaha masing-masing member, sehingga para member bisa mengetahui bagaimana perkembangan usahanya di setiap bulannya," pungkas Cahyo selaku Fasilitator Rumah Zakat dalam siaran persnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement