Jumat 27 Sep 2019 19:17 WIB

Mengintip Konsep Pesantren Hijau Ala El Azam Kuningan

Pesantren Al Azam mengembakan hortikltura.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Salah satu sudut Pesantren El Azam Kuningan dilengkapi fasilitas bercocok tanam
Foto: Republika/ Andrian Saputra
Salah satu sudut Pesantren El Azam Kuningan dilengkapi fasilitas bercocok tanam

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN – Tiap sudut lingkungan pesantren ditanami berbagai berbagai pohon dan tumbuhan budidaya. Mulai dari cabai, bayam, kangkung, sawi, hingga budidaya srikaya dan kurma. 

Pondok pesantren El 'Azam  berada di Desa Ciwaru Kecamatan Pasawahan Kabupaten, Kuningan. Menurut pengasuh santri Ponpes El 'Azam, Ustaz Galih Kurniawan, green Pesantren merupakan konsep pesantren agar lingkungan pesantren terlihat lebih asri sehingga membuat nyaman santri yang belajar. Selain itu, melatih santri agar bisa berbudidaya tanaman-tanaman hortikultura. 

Baca Juga

“Yang mengerjakan (budi daya hortikultura) itu santri nanti ada pendampingnya, karena kita juga punya kelas prakarya dibidang tumbuhan,” kata Ustaz Galih saat berbincang dengan Republika,co.id pada Jum’at (27/9).

Hasil budidaya tumbuhan hortikultura santri pun telah beberapa kali panen. Misalnya saja seperti bayam, cabai, dan kangkung serta sarikaya. 

Meski demikian, hasil panen yang diperoleh tidak untuk dipasarkan. Melainkan untuk kebutuhan santri dan dibagikan kepada warga sekitar pesantren.

Menurut Ustaz Galih, konsep green pesantren dengan menanam pohon dan tumbuhan hortikultura telah dilakukan sejak 2017. 

photo
Santri tengah mengikuti belajar mengajar di Pesantren EL Azam, Kuningan. Republika/ Andrian Saputra

Dia mengungkapkan para santri mempunyai tanggungjawab terhadap tumbuhan yang ditanamnya sejak awal mulai dari memberi pupuk, menyiram, dan mengamati perkembangannya. Selain di bidang tumbuhan, pesantren juga membudidayakan lele.

“Untuk pembelajaran saja, kita menginginkan apa yang ditanam ini bisa bermanfaat dan dirasakan bersama  santri dan warga sekitar,” katanya. 

Pondok Pesantren El 'Azam telah berdiri pada 2009. Pendirinya yakni KH Bahruddin Sanusi. Pesantren ini mengadopsi sistem pendidikan kepesantrenan ala Ponpes Darussalam Gontor, Ponorogo. Karenanya, santrinya dituntut mahir dalam penguasaan bahasa asing baik Arab maupun Inggris. 

Pesantren juga menyelenggarakan pendidikan formal tingkat SMP dan Aliyah. Saat ini total santri yang mengaji mencapai 280 santri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement