Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

UMP Raih 1 Emas, 2 Perunggu di Kejuaraan Dunia Pencak Silat

Jumat 06 Sep 2019 17:12 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Foto: blogspot.com
Ada 547 atlet yang ikut kejuaraan pencak silat dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Prestasi membanggakan diraih kontingen dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dalam Kejuaraan Dunia Pencak Silat Tapak Suci yang digelar di Sritex Arena, Solo, 1-5 September 2019 lalu. Dalam kejuaraan itu, dua mahasiswanya Wildan Nur Faiz dan Sartono, berhasil meraih 1 medali emas dan 2 perunggu.

Baca Juga

''Kami bersyukur bisa meraih medali, karena kejuaraan itu merupakan kejuaraan dunia. Sedikitnya ada 547 atlet yang ikut kejuaraan. Selain dari Indonesia, juga dari Aljazair, Timor Leste, Singapura, Mesir, Taiwan, Pakistan, Jerman, Uganda, Maroko, Thailand, Sudan, Lalestina, Lebanon, dan Indonesia,'' kata pelatih Tapak Suci UMP Teguh Wibowo, Jumat (6/9).

Dia menjelaskan, medali emas itu diraih Wildan Nur Faiz melalui pertarungan seru di partai final mengalahkan pesilat dari Sumatera Selatan. Pada pertarungan sebelumnya di babak semi final, Wildan yang merupakan pesilat andalan dari UMP mengalahkan pesilat dari Banten.

 ''Hasil ini hanya membanggakan UMP, juga bagi Kabupaten Banyumas dan Provinsi Jateng,'' ucap dia.

Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Olahrga dan Tapak Suci UMP Yudha Febrianta, mengatakan medali emas pada dalam kejuaraan dunia tersebut, dipersembahkan dalam kategori bebas beregu atas nama Wildan Nur Faiz. Sementara dua medali perunggu, diperoleh dari  kategori perorangan, yakni Sartono dan Wildan Nur Faiz.

Dia juga menyebutkan, dalam kejuaraan itu UMP mengirimkan tujuh atlet dalam kategori perorangan dan beregu untuk mewakili Jawa Tengah dari setiap kabupaten. ''Sebelum mengikuti kejuaraan, para atlet kita ikut pemusatan latihan selama tiga minggu di UMP, dan 10 hari di Solo,'' katanya.

Sebelum berhasil mengukir preastasi di kejuaraan dunia ini, Wildan Nur Faiz dan Sartono juga pernah mengukir prestasi dalam Pekan Olah Raga Muhammadiyah (POM) Rayon dan Provinsi. Dalam kejuaraan tersebut, Sartono menyumbang medali emas

Rektor UMP Anjar Nugroho bersyukur dan menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diukir mahasiswanya dalam ajang kejuaraan tersebut. ''Apa yang diraih Wildan Nur Faiz dan Sartono merupakan sebuah capaian prestasi yang membanggakan,'' kata dia.

Dia menyatakan, selama ini UMP memang memberikan ruang seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri dalam bidang akademik dan non akademik sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa. ''Siapa pun yang memiliki kemampuan dan peluang untuk menunjukkan potensinya, agar dikembangkan dengan baik,'' katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA