Selasa 27 Aug 2019 20:45 WIB

Tingkatkan Pemahaman, Kemenag Gelar Festival Literasi Zakat

Lomba tersebut dirancang agar dapat diikuti generasi milenial.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agus Yulianto
Dibutuhkan sinergi antara zakat dan wakaf (Ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Dibutuhkan sinergi antara zakat dan wakaf (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf pada Ditjen Bimbingan Islam Masyarakat Islam Kementerian Agama menggelar Festival Literasi Zakat dan Wakaf 2019. Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya generasi milenial terkait zakat dan wakaf.

Kasubdit Edukasi, Inovasi, Kerjasama, Kemitraan Zakat dan Wakaf Kemenag, Wida Sukmawati menuturkan, Festival Literasi Zakat dan Wakaf 2019 diisi dengan berbagai kegiatan lomba. Lomba tersebut dirancang agar dapat diikuti generasi milenial.

"Festival Zakat dan Wakaf merupakan rangkaian kegiatan yang diawali kompetisi lomba penulisan esai untuk mahasiswa," ujar dia dalam konferensi pers di kantor Kemenag Jl MH Thamrin, Jakarta, Selasa (27/8).

Lomba penulisan esai yang diperuntukan bagi mahasiswa ini telah dimulai pendaftarannya pada 29 Juli dan akan ditutup pada 31 Agustus 2019. Selain esai, Kemenag juga mengadakan lomba video animasi dan blog yang terbuka untuk umum.

Video animasi yang dilombakan berdurasi maksimal 60 detik termasuk logo. Periode lomba video animasi ini dimulai pada 20 Agustus sampai 20 Oktober 2019. Tema besar yang diangkat yaitu mengenai literasi zakat dan wakaf, dengan subtema terbagi menjadi dua, zakat dan wakaf. Total hadiah 51 juta.

Untuk lomba blog, tema besarnya adalah "Zakat Wakaf Membangun Umat Memajukan Bangsa", dengan pilihan subtema yakni zakat dan wakaf. Para blogger harus mengisi blog-nya dengan konten tulisan yang mendalam, kritis dan membangun, terkait perkembangan zakat dan wakaf di tanah air untuk meningkatkan literasi masyarakat.

Periode lomba blog itu dimulai pada 20 Agustus hingga 20 Oktober 2019. Total hadiah untuk lomba ini, sebesar Rp 30 juta. Tak hanya lomba, dalam rangkaian festival ini, juga akan digelar seminar sehari "Zakat Wakaf Goes to Campus" yang akan berlangsung di UIN Syarif Hidayatullah pada 2 Oktober. 

"Malam puncak penganugerahan itu tanggal 6 November. Di tanggal ini kita juga umumkan para pemenangnya. Di malam itu, kita juga berencana menggelar talk show dengan para perintis zakat dan wakaf. Salah satu pembicaranya nanti Menteri Agama,"

Untuk lebih jelasnya, bagi yang tertarik mengikuti kegiatan ini bisa langsung mengunjungi situs festival ini, literasizakatwakaf.kemenag.go.id.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement