Selasa 13 Aug 2019 14:06 WIB

Kemenag Sumbar: Kurban Sarana Latih Keikhlasan Beribadah

Kurban melatih umat Islam ikhlas melepas sebagian hartanya.

Rep: Febrian Fachri / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi sapi kurban.
Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Ilustrasi sapi kurban.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG— Pelaksanaan kurban setiap Hari Raya Idul Adha sebagai sarana melatih keikhlasan beribadah kepada Allah SWT.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Irwan, mengatakan umat Islam saat kurban mengikhlaskan sebagian hartanya buat dikurbankan dan daging hewan yang disembelih dibagikan buat dikonsumsi masyarakat miskin.

Baca Juga

"Ibadah kurban itu  bentuk keikhlasan. Kita ikhlaskan sebagian harta kita untuk dikurbankan dan diberikan kepada fakir miskin, mudah-mudahan akan membawa kita menjadi orang yang bertakwa," kata Irwan, Selasa (13/8).  

Irwan kemarin, Senin (12/8) memimpin penyembelihan hewan kurban dari Kanwil Kemenag Sumbar sebanyak sembilan ekor sapi. Enam ekor sapi kurban Kanwil Kemenag Sumbar ini disembelih di Kantor Kemenag yang terletak di  Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Tiga ekor sapi lainnya di sumbangka ke wilayah lain.

Irwan berharap kedepan jumlah kurban dari Kemenag dan juga umat Islam secara umum semakin meningkat. Karena semakin giat berkurban akan meningkatkan ketakwaan di mata Allah. Ditambah lagi dengan berkurban akan meningkatkan kepedulian terhadap sesama umat Islam. 

"Ibadah kurban adalah rasa kebersamaan dan solidaritas sehingga tidak ada lagi perbedaan antara si miskin dan si kaya, sehingga pada hari raya ini semuanya bisa menikmati daging kurban," ujar Irwan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement