Kamis 25 Jul 2019 12:25 WIB

Baznas dan Pemkab Muba Kolaborasi Wujudkan ‘Muba Makmur’

Baznas Musi Banyuasin terus berupaya mewujudkan kontribusi positif

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Hasanul Rizqa
Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Lukmanul Hakim, bersama Pemkab Muba yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Muba, Herryandi Sinulingga, berkolaborasi untuk wujudkan program ‘Muba Makmur’ bagi warganya.
Foto: Dok Pemkab Muba
Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Lukmanul Hakim, bersama Pemkab Muba yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Muba, Herryandi Sinulingga, berkolaborasi untuk wujudkan program ‘Muba Makmur’ bagi warganya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) berkolaborasi dengan Pemkab Muba, untuk wujudkan program ‘Muba Makmur’ bagi warganya. Melalui program tersebut, akan dibagikan beasiswa tingkat pendidikan SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi.

Ketua Baznas Muba, Lukmanul Hakim mengungkapkan, Baznas Muba akan terus berkontribusi positif untuk kemajuan Muba, khusunya pada kegiatan sosial kemanusian dan program tahun 2019 melalui program Muba Makmur. Di dalamnya juga terdapat Muba Cerdas, Muba Sehat, dan Muba Takwa.

Baca Juga

“Kami akan memberikan beasiswa ataupun dukungan  pendidikan bagi siswa SD, SMP, SMA dan SMK, Beasiswa Diploma, Biasiswa Sarjana. Tujuannya ini semua adalah neningkatkan SDM Muba yang cerdas dan berahlak,” kata Lukman dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/7).

Dengan meningkatkan kualitas SDM, ini diharapkan dapat menurunkan angka kemiskinan di Muba, serta program ini  bersinergi dengan program Muba (Membangun Umat Berbasis Agama). Sehingga visi misi Pemkab Muba Maju berjaya 2022 di bawab kepemimpinan Dodi Reza Alex Noerdin, bisa terwujud.

Untuk realisasi penerimaan dan pendistribusian Baznas dimulai dari Januari hingga Juni 2019 ini, total pendistribusiannya terealisasi sebanyak Rp 571.336.165,-. Sementara, untuk dana amil realisasinya sebesar Rp 112.603.784,-. Selanjutnya, total penyaluran bantuan sampai saat ini sebesar Rp 683.939.949,-.

Baznas Kabupaten Musi Banyuasin kini tidak hanya fokus di bidang sosial, kesehatan, dan dakwah, Baznas juga akan terus berkolaborasi dan terus bersinergi dengan Pemkab Muba. Kolaborasi dilakukan dalam kegiatan di bidang sosial, termasuk pada bidang pendidikan dan bidang lainnya yang dibutuhkan berdasarkan misi kemanusiaan Pemkab Muba dan Baznas.

Setelah sukses menyelenggarakan program ‘Muba Peduli sesama’ di antaranya bantuan bedah rumah sebanyak tujuh rumah, bantuan korban bencana alam, bantuan santunan kematian, santunan fakir miskin.

“Semua ini dapat dilaksanakan dengan baik, tidak terlepas dari komitmen para ASN TNI-Polri, Pegawai BUMN dan BUMD, yang bertugas di Musi Banyuasin. Dan tetunya masyarakat Muba yang rutin menyisihkan rezekinya melalui Baznas Muba,” ungkap  Kepala Dinas Kominfo Muba, Herryandi Sinulingga.

Menurut dia, dari sejumlah program Baznas 2019 yang akan dilakukan memiliki manfaatnya masing-masing. “Program-program Baznas Muba yang bertujuan untuk membina SDM Muba yang smart dan berakhlak, ini sejalan dengan program Pemda Muba dan pemerintah pusat,” tutur Herryandi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement