Ahad 14 Jul 2019 13:55 WIB

Lapak Berkah IZI, Semangat Baru Pedagang Cilok dan Es Kelapa

Lapak Berkah IZI membuat penerima manfaat lebih mandiri.

Rep: rahma sulistya/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Pedagang kaki Lima
Foto: Foto : MgRol_92
Ilustrasi Pedagang kaki Lima

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) terus berupaya menggalakkan program yang dapat membantu para mustahik agar lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masayarakat. Salah satunya melalui Program Lapak Berkah. 

Program Lapak Berkah dalam bantuannya memberikan modal usaha beserta gerobak dan bimbingan usahanya. Kali ini, IZI memberikan bantuan kepada Juju dan Lia, dua pedagang perempuan asal Bandung, Jawa Barat, yang gigih berjualan demi memenuhi kebutuhan hidup keluarga mereka.

Baca Juga

Juju, perempuan berusia 36 tahun, memilih berjualan Cilok untuk membantu menutupi penghasilan suami yang bekerja serabutan. Kurangnya modal usaha menjadi kendala Juju untuk mengembangkan usahanya. Ia bersyukur bisa mendapatkan bantuan Lapak Berkah Inisiatif Zakat Indonesia (IZI).

“Alhamdulillah bantuan ini memberikan saya semangat baru dengan tampilan gerobak yang lebih menarik. Semoga mampu menarik banyak pembeli juga. Mudah-mudahan bantuan ini juga menjadi jalan saya dalam mengatasi masalah perekonomian keluarga, seperti biaya kontrakan dan biaya sekolah anak,” ucap dia saat ditemui tim IZI.

Sementara Lia yang masih berusia 20 tahun, mencari penghasilan tambahan dengan berjualan Es Kelapa Muda, dan ia merasa terbantu dengan adanya program Lapak Berkah ini. Gerobak baru dan ditambah modal usaha, membuat dirinya semakin percaya diri untuk berwirausaha.

Ia juga menuturkan, bawah sekarang ini ia tidak hanya berjualan Es Kelapa, melainkan juga Es Campur sebagai pilihan rasa lainnya untuk pembeli. “Terima kasih banyak atas bantuannya, insya Allah saya manfaatkan dengan sebaik mungkin,” ujar Lia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement