Senin 22 Jul 2019 12:03 WIB

'Sains Islam akan Kembali Jadi Rujukan Dunia'

Prof Alparslan Acikgenc dari Turki memaparkan tentang situasi sains Islam kini

Rep: Muhyiddin/ Red: Hasanul Rizqa
Direktur Pascasarjana Yildiz Technical University Turki, Prof Alparslan Acikgenc
Foto:

photo
Ilmuwan Muslim (ilustrasi).

Apakah sains menjadi faktor utama untuk mengembalikan kejayaan Islam?

Jelas, lihat saja sekarang kita memiliki referensi yang bagus dari Bediuzzaman Said Nursi dari Turki. Dia memiliki ide cemerlang. Dia mengatakan, ini akhir zaman dan kita mendekati akhirat. Di zaman ini semua pelajaran, semuanya akan berubah menjadi sesuatu hal yang bersifat saintifik. Jadi kalau seperti itu masa depan Islam dan juga umat Islam akan menjadi sangat penting bagaimana untuk memahami agama, baru selanjutnya memahami sains dan teknologi.

Jadi itu penting, tapi sains dan teknologi itu merupakan hal penting kedua. Yang utama adalah memahami agama karena kita harus membekali diri kita dengan benar karena apa yang kita dapat melalui agama akan memberikan kita perspektif dan kerangka berpikir yang baik untuk melihat sains dan teknologi.

Tapi kalau Anda mengatakan, saya tidak peduli dengan sains dan hanya peduli dengan agama maka Anda hanya akan berada di satu sisi. Itu tidak bisa dilakukan untuk saat ini, karena pada zaman ini dibutuhkan keduanya. Kalau hanya punya satu tidak akan bisa bertahan pada era ini.

Pada masa lalu, orang bertahan hanya dengan menggunakan agama, tanpa ilmu. Tapi sekarang bukan seperti itu caranya. Itu jelas, karena semua berdasarkan sains, pembelajaran saintifik, dan teknologi.

 

Terakhir, apa pendapat Anda tentang Islam di Indonesia?

Saya menyelesaikan gelar profesor saya di Chicago, Amerika Serikat. Dan profesor saya Fazlur Rahman Rahmatullahi 'Alaihi, dia pernah mengucapkan sesuatu yang tidak akan pernah saya lupakan, dia bilang, saya telah banyak mendatangi banyak negara muslim. Dan dia bisa melihat masa depan Islam di dua negara, yaitu Turki dan Indonesia. Karena masyarakatnya dinamis, berpikir secara Islam, hidup dan belajar secara Islami dan itu penting dan itu juga yang saya lihat dari Indonesia, alhamdulillah. Jadi masa depan islam berada di tangan Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement