Jumat 19 Jul 2019 21:26 WIB

Zikir, Tanda Cinta kepada Allah SWT

Zikir adalah manifestasi cinta kepada Allah SWT

Mengingat Allah Ilustrasi.
Foto: ANTARA FOTO/Jojon
Mengingat Allah Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ali Rif'an

"Tanda cinta pada Allah adalah menyukai zikrullah (zikir kepada Allah). Dan tanda benci pada Allah adalah membenci dzikrullah azza wajalla.'' (HR Baihaqi). Hadis di atas menjelaskan bagaimana kaitan antara zikir dan cinta. Apakah zikir itu bagian dari cinta, atau justru sebaliknya, cinta adalah bagian dari zikir? Cinta merupakan fitrah yang dianugerahkan Allah SWT kepada setiap makhluk-Nya. Cinta akan selalu hadir dalam napas manusia. Cinta pula yang kadang menjadikan orang bahagia atau sengsara.

Baca Juga

Berbicara serba-serbi cinta, tentu tidak akan ada habisnya. Bahkan, para sastrawan Barat pun kesulitan mengungkap definisi cinta, karena ia begitu relatif dan multimakna, tergantung siapa yang mendefinisikannya. Islam sangat menganjurkan kepada manusia agar mencintai sesama, asalkan cinta tersebut dalam koridor agama dan tidak melebihi cinta kepada Allah SWT.

Ketika seseorang sudah jatuh cinta, ia akan selalu mengingat dan memikirkan yang dicintainya itu. Maka, jatuh cinta kepada Allah adalah suatu keniscayaan yang tak dapat dielakkan bagi diri setiap Muslim. Dengan cinta kepada Allah, tentu kita akan selalu mengingatnya, yang dalam Islam disebut dengan zikrullah. Karena, zikir merupakan manifestasi cinta seorang hamba kepada Sang Khalik.

Zikir adalah ibadah yang paling dicintai Allah. Zikir merupakan amalan yang paling bersih di sisi-Nya dan sangat tinggi tingkatannya. Lebih dari itu, berzikir juga lebih baik dan afdhal daripada mendermakan emas perak ataupun berlian, serta berperang melawan musuh-musuh Islam. (HR Ahmad). Ketika Rasulallah ditanya oleh sahabatnya, ''Ibadah manakah yang paling utama di sisi Allah ketika hari kiamat?'' Rasulallah menjawab, ''Orang-orang yang banyak berzikir.'' (HR Tirmidzi).

Hal ini juga diungkap dalam firman Allah SWT, ''Hai orang-orang yang beriman berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.'' (QS Al-Ahzab [33]: 41). Zikir dan cinta adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Seseorang yang mencintai Allah, ia akan selalu berzikir kepada-Nya. Begitu sebaliknya, orang yang selalu berzikir kepada Allah, berarti ia sangat mencintai-Nya. Dengan mencintai Allah, manusia akan selalu menaati segala perintah dan laranngan-Nya.

Jika zikir dan cinta ini sudah menggurita dan terpatri pada setiap dada manusia, maka tidak akan lagi kita mendengar berita tentang tindakan-tindakan tercela, menyalahfungsikan jabatan, atau menjualbelikan undang-undang. Insya Allah.

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement