Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Usaha Lembaga Zakat Kembangkan Ternak Lokal Diapresiasi

Ahad 21 Jul 2019 00:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Pedagang hewan kurban di Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (17/7).

Pedagang hewan kurban di Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (17/7).

Foto: Republika/Umi Soliha
Pengembangan itu gerakan ekonomi warga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pengamat zakat, Yusuf Wibisono, menyebut usaha lembaga zakat membuat program-program ini memiliki nilai positif. Usaha mengadakan hewan ternak dari daerah miskin dapat menggerakkan ekonomi lokal di daerah tersebut.

Meski dinilai bagus, ia menyoroti masih banyak evaluasi yang harus dilakukan Laznas. Fokus pembinaan dinilai masih kecil dan membutuhkan sinergi lebih luas. Program yang sudah baik ini seharusnya bisa didukung dan didorong oleh stakeholder lainnya, seperti Kementerian Pertanian atau pemerintah daerah.

Dia juga berharap agar kebermanfaatan program ini tak semata dalam jangka pendek. Ha rus dibangun ekosistem yang kondusif untuk mendukung dan membantu peternak kecil untuk berkembang.

Menurut dia, para peternak harus diberdayakan tak hanya untuk Hari Raya Idul Adha karena kebutuhan di masyarakat terus berjalan. "Kerja sama bisa dibangun antara peternak lokal dan jaring an distribusi daging di bagian kuliner maupun industri seperti pengalengan daging,"kata dia. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA