Jumat 28 Jun 2019 19:09 WIB

5 Sekolah Islam Nigeria Berkompetisi dalam Tilawah Alquran

Lomba tilawah Alquran diikuti peserta dari sejumlah daerah Nigeria.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Alquran
Foto: Mgrol100
Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, IBADAN— Sekolah Muslim di Egbeda, Ibadan, negara bagian Oyo, Nigeria, menggelar kompetisi tilawah (pembacaan) dan penghafalan Alquran. 

Medmina College setiap tahunnya menyelenggarakan kompetisi internal ini di antara para pelajarnya. Akan tetapi, tahun ini kampus tersebut mengadakan lomba yang melibatkan peserta dari lima sekolah Muslim lainnya. 

Baca Juga

Dilansir di Tribun Online Nigeria, Jumat (28/6), acara yang diselenggarakan di aula serbaguna sekolah itu diikuti sebanyak 16 kontestan dari enam sekolah yang berpartisipasi. 

Sekolah tersebut di antaranya, aliphs Schools, The Selected Preparatory Career College (TSPC), Al-Qalam Schools, Balqis Memorial Nursery/Sekolah Dasar, Independence Academy, dan Medmina College. Para peserta berkompetisi dalam empat kategori. Pemenang akan diberikan hadiah dan paket hiburan serta sertifikat.  

Imam dari Medmina College, Ustaz Rasheed Kareem, mengatakan kompetisi Alquran ini bertujuan untuk mensyiarkan firman Allah dan pada akhirnya mendapatkan ridha Allah. Menurutnya, kompetisi ini adalah salah satu yang direncanakan perguruan tinggi tersebut untuk terus distandarisasi. 

Kepala Administrasi Medmina College, Muhammad Abdallah, menekankan perlunya para siswa untuk memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin untuk mengikuti sekolah-sekolah Muslim. Karena menurutnya, sekolah Muslim memberikan penekanan kepada Alquran dan pembelajaran tentang agama. 

Dia juga menyarankan para siswa untuk memanfaatkan kesempatan tersebut di usia muda dan waktu luang mereka sebelum bertambah tua dan lebih sibuk. Hal demikian menurutnya sesuai yang dikatakan Nabi Muhammad SAW.

Seorang ulama, Ustaz Hassan Awwal, dalam kesempatan itu menjadi pembicara tamu sekaligus salah satu juri dalam kompetisi. Dia mendorong para siswa untuk membaca Alquran dengan tajwid yang benar dan mengucapkan setiap huruf Alquran dengan tepat agar tidak mengubah artinya. 

Ketua Asosiasi Orangtua/ Guru (PTA) perguruan tinggi, Alhaji Nurayn Zakariyah, memuji perguruan tinggi tersebut karena mendorong para siswa untuk mengikuti jalan ibadah melalui kompetisi Alquran. Dia menekankan agar para siswa memanfaatkan kesempatan tersebut secara maksimal. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement