Kamis 23 May 2019 00:53 WIB

Perjalanan Ustaz Arifin Ilham dan Az-Zikra

Az-Zikra adalah nama sebuah majelis zikir.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah
Ustaz Arifin Ilham saat melaksanakan Shalat di Masjid Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ustaz Arifin Ilham saat melaksanakan Shalat di Masjid Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain meninggalkan keluarga, K. H. Muhammad Arifin Ilham juga meninggalkan Majelis Az-Zikra. Majelis Az-Zikra pertama kali ia perkenalkan pada 1997 di Depok, Jawa Barat dengan nama Majelis Zikir Az-Zikra.

Seperti dikutip dari situs Az-Zikra, zikir yang ia bawakan ini begitu ringkas dan mudah diikuti setiap orang. Setiap berzikir ia menerjemahkan bacaannya ke bahasa Indonesia agar dimengerti maksudnya.

Baca Juga

Zikir ini bukan sekadar zikir lisan, tapi sampai ke hati karena sifatnya mengoreksi diri. Inilah yang membuat setiap hadirin tersentuh dan menangis karenanya. Setelah banyak jamaahnya yang mengikuti cara-cara berzikir Ustaz Arifin Ilham, akhirnya pada 7 Juni 2009, majelis zikir bulanan Az-Zikra secara resmi dipindahkan ke kawasan perumahan Bukit Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Hijrah majelis zikir ini didorong semangat berjihad untuk melakukan dakwah secara komprehensif, terukur, dan terencana. Sentra kegiatan dakwah ini juga diharapkan lebih efektif dengan rampungnya Masjid Az-Zikra, yang merupakan ikon bagi umat Islam di Bogor.

Pusat dakwah ini terbuka untuk umum, lintas organisasi, dan mazhab. Pengurus gedung memberikan kewenangan penuh untuk mengelola Masjid Az-Zikra demi kemajuan umat. Cita-cita Ustaz Arifin Ilham mendirikan Az-Zikra adalah untuk membangun masyarakat Muslim Indonesia yang memiliki pribadi berzikir yang membawa kedamaian dan keselamatan dunia akhirat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement