Sambut Ramadhan, Khofifah dan Risma Ajak Makmurkan Masjid

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Hasanul Rizqa

 Jumat 03 May 2019 16:51 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menghadiri pelantikan pengurus Masjid Al Akbar, di Masjid Al Akbar, Surabaya, Jumat (3/5). Foto: Republika/Dadang Kurnia Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menghadiri pelantikan pengurus Masjid Al Akbar, di Masjid Al Akbar, Surabaya, Jumat (3/5).

Gubernur Jawa Timur Khofifah dan Wali Kota Surabaya Risma hadiri pelantikan takmir

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini hadir dalam pelantikan pengurus takmir di Masjid Al Akbar, Surabaya, Jumat (3/5). Dalam kesempatan ini, kedua pejabat tersebut mengajak segenap umat Islam untuk memakmurkan masjid, khususnya menjelang dan selama bulan suci Ramadhan.

Baca Juga

"Mudah-mudahan masjid Al-Akbar ini bisa terus memberikan manfaat bagi semua masyarakat khususnya umat Muslim. Semua masyarakat juga sejatinya bisa memakmurkan masjid," kata Khofifah di sela-sela pelantikan para pengurus takmir Masjid Al Akbar.

Mantan menteri sosial itu juga berharap, masyarakat dapat kian meramaikan Masjid Al-Akbar sebagai tempat kajian keagamaan, termasuk majelis-majelis ilmu untuk memahami apa itu sifat rahmatan lil 'alamin agama Islam. Kemudian, soal bagaimana membiasakan akhlak yang baik di tengah masyarakat.

"Semoga ini menjadi sinar bagi kehidupan masyarakat Surabaya, masyarakat Jatim (Jawa Timur), dan bangsa Indonesia. Kepada pengurus baru, mohon amanah ini bisa dilaksanakan sebaik-baiknyanya," tutur Khofifah.

Di tempat yang sama, Risma mengaku setuju dengan keinginan Gubernur Jawa Timur itu. Risma pun mengingatkan, Masjid Al-Akbar dibangun dari uang rakyat. Maka dari itu, sudah sewajarnya rumah ibadah ini digunakan bersama-sama, dan dimakmurkan bersama-sama pula.

"Alhamdulillah kita punya masjid besar. Kita harus makmurkan bersama-sama, jangan malah membikin masjid sendiri-sendiri. Masjid ini harus dibuka untuk semuanya, untuk semua Muslim, karena Muslim itu bersaudara," kata Risma.

Alumnus Institut Teknologi Surabaya (ITS) itu juga berharap, masjid tersebut bisa menjadi tempat syiar yang baik. Selain itu, dia ingin Masjid Al Akbar dapat menyediakan majelis-majelis ilmu untuk anak-anak, tempat mereka diajarkan ihwal akhlak yang baik.

Risma juga meyakini, masjid manapun dapat memberikan maslahat bagi seluruh Muslimin.

Berita Lainnya

Play Podcast X