Jumat 12 Apr 2019 15:47 WIB

Renovasi Masjid Istiqlal tak Jadi Kendala Selama Ramadhan

Anggaran untuk renovasi Masjid Istiqlal mencapai Rp 578 miliar.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Hasanul Rizqa
Petugas membersihkan lantai masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (7/11).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Petugas membersihkan lantai masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (7/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pihak manajemen Masjid Istiqlal sedang bersiap melaksanakan renovasi masjid tersebut. Menurut Kepala Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam, renovasi itu termasuk dalam proyek yang dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Renovasi ini, lanjut dia, telah direncanakan sejak Januari 2019 lalu. Dia mengaku belum dapat menyampaikan kapan tanggal dimulainya proses renovasi Masjid Istiqlal. Bagaimanapun, dia menegaskan pihaknya sudah siap bila renovasi tersebut dilakukan pada bulan suci Ramadhan.

Baca Juga

“Kami sih oke semuanya sudah siap. Kalau nanti renovasinya Ramadhan, ya kita bersamaan saja, tak masalah tak akan menggangu kegiatan, semuanya sudah diantisipasi,” kata Abu Hurairah kepada Republika.co.id, Jum'at (12/4).

Dia menjelaskan, sudah ada rencana merenovasi Masjid Istiqlal bersamaan dengan renovasi Gelora Bung Karno (GBK). Kendati demikian, renovasi atas masjid yang selesai dibangun pada 1978 itu baru dapat dilakukan dalam waktu dekat ini.

 

Rencananya dalam renovasi nanti Masjid Istiqlal akan lebih diperindah. Cakupan renovasi meliputi lantai utama, lantai dasar, area perkantoran, hingga mihrab.

“Digosok bagian marmernya supaya mengkilap karena banyak yang copot juga. Ada beberapa ruang yang diperbaharui dan ditambah, dipercantik,” katanya.

Abu Hurairah mengatakan renovasi juga rencananya meliputi bagian taman. Selain itu pembenahan ruang imam besar, dan manajemen masjid. Tak hanya itu, sejumlah fasilitas akan dibuat untuk memudahkan penyandang disabilitas yang datang ke Istiqlal.

Rencana renovasi dibahas dalam rapat antara pengurus masjid Istiqlal, Kementerian Agama, Kementerian PUPR pada Kamis (12/4). Anggaran untuk renovasi Masjid Istiqlal mencapai Rp 578 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement