Selasa 05 Mar 2019 14:41 WIB

Muslimah Amerika Bicara tentang Hijab

Muslimah Amerika sama sekali tidak dibatasi dengan mengenakan jilbab.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agung Sasongko
Muslimah Amerika
Foto:

Bahkan, beberapa orang Amerika melihat Islam dan Muslim sebagai ancaman asing. Studi Pew lainnya juga menemukan pada 2017, 50 persen orang Amerika yang disurvei mengatakan bahwa Islam bukan bagian dari masyarakat arus utama Amerika. 
 
Menurut Hena Khan, ada kecenderungan untuk membingungkan wanita yang mengenakan jilbab dengan memandang mereka sebagai orang asing atau hanya seorang imigran, atau mungkin tidak berbicara bahasa Inggris. 
 
"Saya merasa ada kecenderungan bagi orang-orang yang tidak terbiasa dengan wanita yang mengenakan jilbab untuk berbicara kepada mereka dengan sangat lambat, atau terkejut jika mereka berbicara bahasa Inggris dengan lancar," lanjutnya. 
 
Hena Khan sendiri tidak mengenakan jilbab. Namun, ia mampu menulis cerita melalui potret orang luar, yang diperlukan agar memungkinkan orang di luar agama Islam membaca buku ini. 
 
"Sebagai seseorang yang tidak memakai jilbab, ini adalah jenis buku yang saya rasa bisa saya tulis di mana itu dari sudut pandang pengamat yang mengagumi wanita dan gadis dalam hidupnya yang memakainya, yang sangat mirip dengan perspektif saya," tambahnya. 
 
Melalui buku ini, gadis muda dapat melihat semua wanita yang ia kagumi mengenakan penutup kepala di lingkungan eksternal dan kemudian melihat mereka tanpa jilbab saat berada di rumah. Di akhir bagian buku ini, ia menjelajahi jilbab dan membayangkan bagaimana kehidupannya jika dia mulai mengenakan jilbab. Hena Khan sendiri merasa antusias tentang kemungkinan tersebut terjadi suatu saat nanti. 

Khan telah menerbitkan lebih dari selusin buku dan memiliki sejumlah karya lainnya. Sebelumnya, ia menulis buku berjudul "It's Ramadan, Curious George," di mana ia mengambil karakter anak-anak fiksi terkenal George, monyet kecil yang penasaran. Buku itu diterbitkan seiring merayakan bulan suci Islam dan membantu mereka yang membutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement